Air Terjun Seganing Nusa Penida, Air Terjun Cantik di Pinggir Laut

Di Nusa Penida tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja lho. Perlu kalian tahu di pulau ini juga terdapat air terjun yang tidak kalah indahnya. Air Terjun ini berada di pinggir laut yaitu Air Terjun Seganing Nusa Penida. Walaupun air terjun ini belum terlalu terkenal dikalangan wisawatan tapi pesonanya akan membuat kalian terpukau.

air terjun seganing di pinggir laut

Daya Tarik Air Terjun Seganing

Air Terjun Seganing juga biasa disebut Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat.

Daya tarik destinasi wisata ini yaitu suasananya yang masih sangat alami dengan aliran airnya yang langsung jatuh ke laut dengan hiasan batu-batu cadas berwarna kuning kecoklatan.

Selain itu daya tarik lainnya dari objek wisata ini, perjalanan ke bawah menuju air terjun yang menantang. Sampai di bawah, kalian akan menikmati deburan ombak dan air terjun yang jernih sambil berendam sepuasnya disini. Tetapi jika kalian tidak berani turun ke bawah, kalian bisa juga kok melihat keindahan air terjun seganing dari kejauhan.

Air Terjun Seganing dulunya menjadi menjadi sumber air utama tapi sekarang hanya menjadi tempat memancing dan mengambil air tirta untuk keperluan upacara keagamaan.

Lokasi Air Terjun Seganing

Air Terjun Seganing terletak di Banjar Sebuluh, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida. Objek wisata ini berada di ujung barat pulau Nusa Penida, tepat di bawah tebing yang berhadapan dengan laut lepas. Pasti banyak yang tidak menyangka ditempat ini terdapat air terjun, karena daerah Sebuluh merupakan daerah  yang kering.

jalan menuju air terjun seganing nusa penida

Jalur menuju Air Terjun Seganing

Jalur yang akan kalian lewati menuju air terjun seganing cukup menantang dan ekstrim dengan kemiringan hampir 90 derajat, tetapi panorama hamparan laut yang indah sudah menunggu kalian di bawah sana.

Dari jalanan aspal, kalian bisa meninggalkan kendaraan dan berjalan menuruni tebing sekitar 300 meter. Kalian harus menuruni tebing curam yang dipasang pagar dan anak tangga dari kayu yang dibuat warga setempat, selain itu kalian harus merangkak di sisi tebing dengan getar terjangan gelombang yang menghantam tebing. Kalian akan melewati medan yang cukup menegangkan ini sekitar 30 menit. Kayunya cukup kokoh kok untuk menopang kita, tapi kalian juga harus tetap berhati – hati ya saat menuruni tebing curam. Setelah sampai di atas tebing kalian juga bisa melihat Pura Gunung Cemeng yang ada disebelah utara.

Waktu terbaik berkunjung ke wisata air terjun ini, saat musim panas / kering. Karena saat musim hujan jalur tebing menuju Air Terjun Seganing akan menjadi lebih licin.

Buat kalian yang suka tantangan, memiliki jiwa pemberani dan bernyali besar, rasakan wisata penuh petualangan dan segarnya percikan air terjun ketika berkunjung ke Air Terjun Seganing Nusa Penida.

Baca Juga Tulisan Berikut :