Bukit Teletubbies Nusa Penida, Bukit hijau yang indah di Bali

Jika kalian mendengar kata Teletubbies, pasti teringat bukan dengan 4 karakter lucu di serial tv nya? Ya, Tinky winky, Dipsy, Laa Laa dan Poo yang menjadi penghuni dari bukit Teletubbies Nusa Penida yang hijau dan asri itu. Tapi ternyata kalian bisa juga menemukan Bukit Teletubbies ini di Pulau Nusa Penida, sebelah tenggara Pulau Bali.

Bukit Teletubis Nusa Penida

Bukit Teletubis Nusa Penida

Apa itu Bukit Teletubbies? 

Nama bukit Teletubbies diberikan secara spontan oleh wisatawan yang datang berkunjung, ya karena kemiripan lokasinya dengan tempat tinggal para Teletubbies yang ada di televisi. Bisa kalian lihat dari gundukan bukit-bukit hijau yang menghiasi perbukitan ini dan jarak antar bukit yang berdekatan berbentuk setengah lingkaran. Walaupun bukit – bukit ini dari batu kapur tetapi bertanah tipis, sehingga rerumputan masih bisa tumbuh di atasnya memberikan nuansa hijau asri di Bukit Teletubbies. Nah, maka dari itu jika kalian liat dari kejauhan gundukan perbukitan ini semakin mirip dengan Bukit Teletubbies, terutama saat musim hujan karena rerumputan akan tumbuh subur hijau dan menyelimuti perbukitan. Waktu terbaik berkunjung ke Bukit Teletubbies Nusa Penida saat pagi dan sore hari, karena saat siang pasti panas dan disini tidak ada tempat berteduh dari terik matahari. Dari ketinggian Bukit Teletubbies kalian bisa melihat pemandangan rumah – rumah masyarakat Nusa Penida yang terlihat kecil dari atas, dan tentu saja selain itu juga pemandangan alam mempesona Nusa Penida.

Dulunya tempat ini disebut bukit pohon gamal karena masyakat menanam pohon gamal untuk pakan ternak, tapi sekarang penduduk pun terbiasa menyebut tempat ini Bukit Teletubbies (Teletubbies Hill) sesuai sebutan dari wisatawan mancanegara atau domestik yang berkunjung. Jadi dengan sebutan barunya itu, bisa lebih menjadi daya tarik wisatawan yang penasaran untuk berkunjung.

Bukit ini semakin terkenal karena biasanya wisatawan yang trekking menuju Pantai Suehan akan melewati bukit ini. Dengan berkembangnya Bukit Teletubbies yang semakin ramai pengunjung, masyarakat sekitar berharap bisa meningkatkan perekonomian mereka.

bukit teletubbies nusa penida

Lokasi Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies terletak diBanjar Anta, Desa Tanglad Nusa Penida. Diperbatasan Dusun Julingan Desa Tangglad dengan Dusun Sedehing Desa Sekartaji dusun ini. Jarak Bukit Teletubbies sekitar 25 Kilometer dari Pelabuhan Kapal Desa Kutampi menuju timur.

Cara Mencapai Bukit Teletubbies

Kalian bisa menuju pulau Nusa Penida dengan kapal feri atau speedboat dari Sanur atau pelabuhan Padang Bai. Sampai di Nusa Penida kalian bisa menyewa sepeda motor lalu bertanya arah kepada masyarakat setempat menuju Desa Julingan, yang letaknya di ujung selatan Nusa Penida.

Ayo berwisata ke Bukit Teletubbies Nusa Penida, jika kalian kesana bisa melihat kemiripan Bukit Teletubbies seperti yang kalian pernah tonton di televisi . Pemandangan fantastis lekukan dan gundukan bukit juga sangat indah untuk dijadikan tempat berfoto dengan pasangan, sahabat dan keluarga.