Cara hitung Liburan singkat ke Nusa Penida

Liburan merupakan sesuatu yang menyenangkan. Jika kita memiliki waktu senggang sehari saja dan ingin merasakan ketenangan kita dapat berlibur ke berbagai tempat 

wisata yang ada di daerah kita masing-masing. Kali ini kita akan berkunjung se salah satu Pulau di Bali yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para backpaper di seluruh dunia, yaitu Pulau Nusa Penida. 

Pulau Nusa Penida merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung yang jika ingin ingin pergi liburan kesana kita harus menyebrangi lautan dengan menggunakan speedboat. Beberapa objek wisata menarik di Nusa Penida yang dapat kita kunjungi antara lain, Diamond Beach, Rumah Pohon Melonteng, Atuh Beach, Kelingking Beach, Broken Beach, Crystal Bay, Angel’s Billabong, Objek wisata spiritual seperti Pura Dalem Ped dan Pura Giri Putri, serta objek wisata lainnya yang keberadannya belum banyak diketahui oleh wisatawan. 

Hal pertama yang harus kita siapkan jika kita ingin liburan adalah anggara biaya, agar nantinya kita dapat liburan dengan tenang tanpa harus memikirnya banyaknya biaya yang akan kita keluarkan disana, khususnya bagi kalangan anak muda yang memilki sedikit tabungan untuk perjalanan mereka. 

Biaya atau cost sendiri adalah pengeluaran yang kita lakukan untuk memperoleh manfaat atas aktivitas yang dilakukan. Kalau disini kita liburan, manfaat yang kita dapatkan adalah kita dapat istirahat sebentar dari pekerjaan yang biasa kita lakukan sehingga kita mendapatkan pikiran yang fresh. Pengeluaran ini terbagi menjadi 2 yaitu 

  1. Variable Cost 
  2. Fix Cost

Biaya-biaya diatas harus kita anggarkan terlebih dulu agar nantinya kita dapat menggunakan uang yang kita miliki dengan bijak. 

Variable cost sendiri artinya biaya yang kita keluarkan totalnya berubah-ubah, yang dalam hal liburan misalnya kita pergi berkelompok atau berdua ataupun sendirian. Sementara itu, Fix cost sendiri merupakan jumlah uang yang kita keluarkan akan selalu tetap walaupun kita pergi sendiri ataupun berdua dengan pasangan. 

Contoh dari masing-masing biaya diatas adalah sebagai berikut. Disini karena kita membahas tentang liburan ke Nusa Penida, jadi semua biaya itu akan saya tulis di bawah ini. Contoh dari variable cost disini adalah sewa motor. Di Nusa Penida jika kita menyewa motor dalam 1 hari kita dikenakan biaya Rp 60.000. Jadi kalau kita pergi sendiri biaya Rp 60.000 kita akan menanggungnya sendirian juga. Sementara jika kita pergi dengan pasangan atau berdua biaya Rp 60.000 akan menjadi lebih hemat, karena kita sudah bagi dua , sehingga masing-masih membayar Rp 30.000 saja. Hal ini tentu berlaku juga jika kita menyewa mobil, rata-rata sewa mobil di Nusa Penida per harinya yang termasuk sopir adalah Rp 600.000. Nah teman-teman bisa hitung sendiri gimana kalau kita sewa mobil sendiri tentu akan mengeluarkan biaya yang banyak, sementara jika kita pergi ber enam misalnya biayanya bisa kita bagi-bagi untuk sewa mobil saja. 

Sementara itu biaya tiket fastboat menuju ke Nusa Penida bisa kita kategorikan ke dalam jenis biaya yaitu Fix Cost. Misal harga untuk tiket fastboat pulang pergi ke Nusa Penida untuk domestik adalah Rp 200.000 per orangnya. Jadi untuk tiket fatsboat kita sudah pasti habiskan  Rp 200.000 per orang.  

Kemudian di jika kita mengunjungi objek-objek wisata di Nusa Penida kita akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 pe rorang di setiap objek wisata atau ada yang hanya berdonasi seiklasnya atau tanpa pungutan sama sekali. Nah jika teman-teman mau melakukan west trip di Nusa Penida itu kita bisa mengunjungi Kelingking Beach, Angels’ Billabong, Broken Beach, Crystal Bay. Jadi jika kita pergi ke 4 objek wisata tersebut kita dapat asumsikan habis Rp 40.000 untuk tiket masuk ke objek wisata. 

Selanjutnya untuk makan siang, anggap kita bisa menghabiskan Rp 50.000 dengan tambah minum Rp 10.000 jadinya Rp 60.000, kita sudah dapat makan di restaurant.  Jika di totalkan untuk fix cost sendiri kita bisa menghabiskan Rp 360.000 mulai dari sewa sepeda motor, tiket fastboat, tiket masuk objek wisata, dan makan siang. 

Beruntung lagi jika tempat datang tidak sendiri atau dengan pasangan harga sewa motor jadi berkurang Rp 30.000 dan yang lebih beruntung lagi jika kita mengunjungi objek wisata tanpa dikenakan biaya masuk biaya jadi anggaran teman-teman berlibur untuk one day trip hanya Rp 300.000 saja. 

Selain untuk mengunjungi west trip, anggaran biaya diatas juga bisa teman-teman gunakan ketika ingin melakukan perjalan east trip di Nusa Penida seperti mengunjungi Atuh Beach, Rumah Pohon Melonteng, Teletubbies Hills, dan Raja Lima.  Atau jika teman-teman menginap di Nusa Penida, teman-teman juga bisa memasukan biaya untuk sewa penginapan tersebut. 

Jadi demikan sedikit penjelasan kami mengenai cara untuk memperhitungkan pengeluaran kita ketika liburan ke Nusa Penida. Jangan lupa bagi teman-teman yang mau liburan kemanapun itu untuk selalu membuat anggaran biaya liburannya, agar nanti bisa menyiapkan biayanya dengan tepat. 

https://www.youtube.com/watch?v=IpG4wbUO870&feature=youtu.be

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *