Crystal Bay Nusa Penida, Pantai Dengan Air Sebening Kristal

Kalian suka wisata bahari dan olahraga air seperti diving dan snorkeling? Di Nusa Penida kalian bisa menemukan pantai yang menjadi spot diver karena airnya yang jernih sebening kristal maka dari itu diberi nama Crystal Bay Nusa Penida atau Pantai Kristal. Jadi saat menyelam kalian bisa melihat berbagai jenis ikan dan biota laut di bawah laut dengan jelas. Jadi ga salah kan kalau Crystal Bay disebut menjadi primadona wisata Nusa Penida?

Yang bisa ditemukan di Crystal Bay Nusa Penida 

Biasanya wisatawan menuju pantai ini menggunakan boat, jadi jangan heran jika kalian akan melihat banyak boat yang bersandar di Crystal Bay. Karena wisata baharinya, Crystal Bay menjadi terkenal di kalangan wisatawan asing dan lokal.

Saat berkunjung kesini, kalian akan kagum dengan pesona perbukitan hijau yang mengelilingi Pantai Crystal Bay yang seolah melindungi area pantai ini. Yang berbeda dan unik dari Pantai Crystal Bay terdapat pulau karang (atol) yang berdiri kokoh di atas laut yang bernama Pulau Batu Mejineng Nusa Penida dengan luas kurang dari 1 hektar. Terdapat juga Pura Batu Mejineng di pulau kecil ini yang menjadi tempat persembahyangan umat Hindu. Untuk mencapai pulau kecil yang berjarak sekitar 50 km dari bibir pantai Crystal Bay ini kalian bisa menggunakan perahu yang disewakan.

crystal-bay-nusa-penida

Selain itu kalian juga bisa menaiki ratusan anak tangga yang dibuat permanena di sebelah barat pantai . Dari atas sini kalian bisa melihat pemandangan pantai secara menyeluruh dan Pulau Nusa Lembongan pun juga bisa terlihat dari sini.

Jika kalian beruntung saat diving di Crystal Bay, kalian akan bisa melihat ikan Sunfish raksasa atau ikan mola – mola yang menjadi maskot dari Nusa Penida. Tapi biasanya ikan ini akan muncul sekitar bulan Juli – September. Waktu yang tepat untuk ke Crystal Bay yaitu saat sore hari karena kalian akan melihat panorama sunset yang indah dari tempat ini.

Fasilitas di Cystal Bay Nusa Penida

Untuk kalian yang berkunjung kesini jangan khawatir, di Crystal Bay sudah tersedia toilet dan kamar ganti untuk wisatawan yang ingin berenang di tempat ini. Selain itu sudah terdapat pedagang makanan dan minuman disekitar pantai buat kalian yang ingin berbelanja.

Di Pantai Crystal Bay juga sudah terdapat Badan Penyelamat Wisata Tirta yang akan menjaga dan memantau aktivitas yang dilakukan wisatawan. Tapi kita harus tetap berhati – hati ya dengan ombak di pantai saat berenang.

crystal bay nusa penida

Lokasi dan Cara Menuju Crystal Bay 

Crystal Bay terletak di Teluk Penida tepatnya di Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Berada di sebelah barat daya Nusa Penida.

Untuk mencapai Crystal Bay  kalian hanya perlu mengikuti jalan utama menurun yang cukup panjang. Saat melewati akses jalan menuju Crystal Bay, pemandangan indah bukit hijau sangat jelas terlihat.Perjalanan dari Pelabuhan Toya Pakeh atau Pelabuhannya Nusa Penida untuk sampai di Crystal Bay sekitar 30 menit , dengan jarak tempuh 15 Kilometer.

Seru banget kan di Crystal Bay Nusa Penida ?  Yuk liburan kesini selain wisata bahari kalian juga bisa sekedar bersantai sambil berjemur dan duduk – duduk di pinggir pantai menikmati air kelapa muda ditemani pemandangan pulau karang, hamparan pasir putih dan lautan biru di depan mata kalian.

Baca Juga Tulisan Berikut :