Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach adalah pantai yang begitu menakjubkan yang berada di ujung timur pulau Nusa Penida. Pantai ini merupakan pantai yang paling tidak tersentuh karena pantai ini baru bisa diakses sejak bulan September 2018 dimana sebelumnya pantai ini hanya bisa dilihat dari atas tebing saat kita menuju pantai atuh.

Lokasi Pantai Diamond Beach dan Bagaimana Cara ke Sana

Lokasi Pantai Diamond Beach berada di desa Pelilit, Nusapenida, yang berjarak sekitar 1 jam dari Dermaga Sampalan/Buyuk  dan sekitar 1,5 jam dari pelabuhan toya pakeh dengan menggunakan Sepeda Motor.

Maps Dibawah Untuk Menuju Diamond Beach

Jalan menuju Kawasan Diamond Beach dan Atuh Bawah

Secara umum jalan dari pelabuhan menuju kawasan pantai atuh dan pantai diamond sudah sangat bagus dengan banyak tikungan tajam naik bukit dan turunan. Anda bisa menyewa motor untuk menuju pantai diamond dengan perjalanan sekitar 1 jam. Harga sewa motor sekitar Rp. 80.000 sampai Rp. 100.000 dan Anda bisa melakukan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik.

Karena jalan yang banyak tanjakan serta tikungan tajam maka sebaiknya berhati hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika anda ingin lebih nyaman dan lebih aman tentunya menyewa mobil untuk tour setengah hari bisa anda lakukan dengan biaya Rp. 600.000 per 6 jam sudah termasuk sopir dan bensin. Bisa langsung kontak pak Rama di nomor 0853 3349 6534 jika Anda membutuhkan sewa mobil.

Akses ke Pantai Diamond Beach

Untuk menuju ke Pantai Diamond kita akan melewati jalanan berkapur untuk sampai di parkiran Diamond Beach. Parkiran yang disediakan sudah cukup luas dan aman untuk cukup banyak mobil dan motor. Dekat parkiran mau masuk jalan menuju pantai  akan ada post untuk pembayaran tiket masuk. Tiket masuk nya hanya Rp. 5.000 per orang.

post pembayaran tiket masuk diamond beach nusa penida

Post Pembayaran Tiket Masuk Objek Wisata

Setelah kita melakukan pembayaran tiket masuk di pos parkiran. Disebelahnya kita akan melihat papan papan dengan tulis-tulisan. Yang berbunyi “selamat datang di labuh hampuak, joglo house, batu Abah dan 300 meter menuju atuh beach. Hanya lewat pelilit Anda bisa melihat semuanya dan paling bawahnya “Diamond Beach””

Pilihan Objek Wisata Yang Satu jalur Dengan Pantai Diamond

Jadi jika ke kawasan pantai Atuh, pastikan menggunakan jalur/jalan yang melalui Desa Pelilit. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengunjungi semua tempat yang disebutkan itu.

Sekitar 80 meter kita berjalan mewati jalan setapak yang dibeton  dari parkiran yang juga merupakan parkir untuk menuju Pantai Atuh, kita akan sampai di jalan/tangga untuk turun menuju pantai Diamond Beach. Kita akan melalui 200-an anak tangga yang cukup terjal dan berkelok kelok. Perlu berhati-hati untuk melewatinya. Anak tangga sudah di pagari dengan Tali Tambang untuk pegangan kita saat menuruni tangga yang terjal.

Diamond Beach Nusa Penida

Pemandangan pantai Diamond Beach

Untuk menuruni anak tangga menuju pantai Diamond beach mungkin akan memerlukan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Karena tangga yang cukup terjal mungkin bagi orang yang takut ketinggian atau orang yang jarang trekkking, hal ini akan membuatnya menjadi sedikit capek. Nah di bawah.. saat mau mendekati pantai ada sebuah Warung Kecil yang bisa kita manfaatkan untuk minum atau makan dengan menu sederhana yang disediakan. Harganya juga cukup bersahabat. 

Goa-Goa kecil untuk berteduh 🙂

Selama perjalanan di jalan setapak. Anda dapat berhenti untuk mengambil beberapa foto dengan latar belakang Pantai Diamond Beach. Selain itu Kita juga bisa mengambil foto dengan latar Atuh beach atau Raja Lima dari jalan. Pemandangan dari pantai diamond sendiri anda bisa melihat Rumah Batu Molenteng dan beberapa view Objek wisata di sekitaran Pantai Diamond.

Di dasar-dasar tebing sekitar pantai terdapat gua-gua kecil yang terbentuk secara alami. Gua-Gua kecil ini bisa kita manfaatkan sebagai tempat berteduh dari panas matahari.

Mandi di Pantai Diamond Beach

Air lautnya sangat jernih seperti kebanyakan pantai-pantai di Nusa Penida lainnya. Kita bisa mandi di pantai Diamond Beach sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitar. Tetapi untuk keamanan kita harus tetap perhatikan keadaan air karena kadang-kadang gelombang juga cukup tinggi. Sehingga mungkin mengharuskan kita untuk lebih berhati-hati. Jika bisa datang ke pantai ini di pagi hari. Mungkin airnya akan sangat tenang dan sangat bagus untuk kita berenang dan menikmati kesegaran air pantai Diamond Beach

Apa Saja Yang Harus Dibawa Jika Berkunjung ke Diamond Beach ?

Cuaca di Nusa Penida cukup panas lebih panas dari di Pulau Bali. Oleh karenanya anda mebutuhkan beberapa hal dibawah ini:

  1. Pakain yang nyaman dan ditak terlalu tebal.
  2. Minuman atau Air Mineral.
  3. Kamera wajib untuk mengabadikan pemandangan yang luar biasa
  4. Topi dan Sunblock untuk melindungi kulit dari panas sinar matahari.
  5. Kaca Mata agar mata tidak silau terkena sinar matahari langsung.
  6. Pakaian Ganti jika anda ingin berenang atau mandi di pantai.
  7. Sepatu / sandal yang nyaman untuk berjalan jauh dan cukup terjal.
  8. Jangan lupa bawa Uang Tunai karena di dekat pantai ada sebuah warung buat belanja.

Keperluan di atas Tidak hanya untuk berlibur ke Pantai diamond saja. Tapi anda juga membutuhkan beberapa hal ini untuk mengunjungi beberapa objek wisata menarik di Nusa penida.

Banyak hal yang tidak bisa kita bayangkan dengan hanya membaca tulisan atau photo pada artikel ini. Pengalaman saya kesini sama sekali jauh berbeda dengan apa yang saya bayangkan sebelum mengunjungi tempat ini. Segala keindahannya tidak bisa digambarkan hanya dengan kata-kata. Jadi satu hal yang harus adalah “Ayo Kunjungi Diamond Beach dan nikmati segala keindahannya yang luar biasa”.

Jangan lupa untuk membeli tiket Fast Boat dari Sanur ke Nusa Penida dengan harga murah hanya bersama kami.

Rekomendasi Rute Tour Nusa Penida Agar Bisa Berkunjung Ke Diamond Beach

Beberapa pilihan tour yang dapat anda gunakan untuk dapat mengunjungi Diamond Beach Nusa Penida dengan One Day Trip/Halfday Trip / Tour 1 Hari Balik:

  1. Fullday Tour #1 at Nusa Penida: Goa Giri Putri, Atuh Beach, Diamond Beach, Tree House  Molenteng, Thousand island/Raja Lima

  2. Fullday Tour #1 di Nusa Penida: Goa Giri Putri, Atuh Beach, Diamond Beach, Tree House Rumah Molenteng

  3. Fullday Tour #2 di Nusa Penida: Teletubbies Hill, Atuh Beach, Diamond Beach, Tree House Rumah Molenteng

Jika kamu punya waktu fullday tour dan akan overnight di nusa penida setelahnya, maka kita bisa mengunjungi sebagian besar Objek Wisata. Itenarerynya bisa seperti ini :

  1. Overnight Tour di Nusa Penida : Goa Giri Putri, Atuh Beach, Diamond Beach, Rumah Pohon Molenteng, Kelingking Hill, Broken Beach, Angle Billabong dan jika masih ada sisa waktu anda bisa mengunjungi Cristal Bay.

Dapatkan Liburan yang menyenangkan dan dengan harga yang bersahabat hanya dengan pemesanan bersama kami. Bisa langsung kontak pak Rama di nomor 0853 3349 6534 jika Anda membutuhkan Pakt-Paket tur di atas.

 

Sebagai gambaran Berikut video kunjungan kami ke Pantai Diamond Beach Nusa Penida. Semoga bermanfaat untuk anda yang akan berlibur ke pantai diamond Nusa Penida

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *