Dive Site di Nusa Penida

Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari deretan ketiga pulau lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Pulau Nusa Penida dengan luas 200 km2 yang berada disebelah tenggara pulau Bali. Pulau Nusa Penida masih berada dalam wilayah kabupaten Klungkung, Bali. Aktivitas wisata bahari yaitu diving menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida. Air laut di pulau ini cukup dingin dan sangat jernih sehingga terumbu karang akan terlihat jelas saat menyelam. Disini juga bisa melihat kura – kura, karang abu – abu dan ikan hiu. Pada bulan Agustus – Oktober ikan Mola – Mola juga banyak terdapat di lautan Nusa Penida.

Lokasi Diving di Nusa Penida

Manta Point 
Di manta point dive site terdapat ikan pari manta dengan ukuran sayap lebih dari 3 meter dengan warna hitam, putih dan abu – abu maka saat menyelam akan memiliki kesempatan besar untuk melihat ikan pari manta di daerah ini. Selain itu juga bisa menemukan ikan Mola – Mola yang menjadi ikon Nusa Penida, ikan tuna, mackerel, ikan hiu bambu dan lainnya.

Crystal Bay 

Cristal Bay dive site merupakan tempat favorit untuk menyelam terutama saat musim ikan Mola – Mola. Lautan disini saat musim kemarau suhunya bisa menurun hingga 15 derajat celcius dan ini yang disukai ikan Mola – Mola. Tempat ini juga memiliki sebuah gua menarik dengan akses bawah laut dan dipenuhi banyak kelelawar yang tidur dibagian dinding atas. Selain itu penyelam bisa bertemu ikan pari bintik biru, napoleon wrasse, trumpet fish, cumi-cumi, sotong, bannerfish, jackfish, tuna, snapper mackerel dan masih banyak lagi.

Gamat Bay 

Lokasi Gamat Bay dive site berdekatan dengan tempat penyelaman toya pakeh. Yang menarik saat menyelam di Gamat Bay terdapat karang yang berada di pinggiran teluk. Saat kembali ke lereng penyelam akan menemukan deretan kelompok koral dan gundukan karang yang mengagumkan untuk tempat ikan – ikan berlindung dan merupakan tempat yang tepat untuk penyelam mengabadikan foto. Di bagian utama teluk merupakan tempat yang aman untuk istirahat karena lumayan dangkal. Teluk ini juga sangat indah karena banyak terdapat ikan – ikan dan karang yang beraneka ragam.

Malibu Point 

Malibu Point dive site adalah salah satu situs tempat menyelam terbaik di nusa penida selain SD Point dan Toyapakeh. Malibu point terletak di ujung tenggara pulau Nusa Penida. Penyelam bisa melihat ikan hiu, ikan pari manta dan ikan Mola – Mola (Juli – September disini. Jarak pandang di lautan ini bisa mencapai 20 meter.

Lembongan Bay 

Lembongan Bay dive site terletak pada aktivitas wisata air dan pontoon. Menyelam di Lembongan bay dengan kedalaman 5 – 10 meter dan terdapat berbagai jenis ikan dan karang. Tempat ini juga cocok bagi penyelam pemula untuk latihan. Karena cukup dangkal, tempat ini juga bisa digunakan untuk snorkeling.

Toyapakeh

Toyapakeh dive site merupakan tempat menyelam yang terlindung dari arus yang kuat sehingga arus ditempat ini tidak terlalu besar. Dengan kecerahan lautnya dan jarak pandang mencapai 30 meter maka penyelam bisa melihat keindahan biota bawah laut dengan jelas. Ikan – ikan yang paling sering terlihat disini adalah triggerfish, sweetlips, fusiliers, jack fish, trevally, banner fish, porcupine dan scorpionfish, belut moray, trumpetfish, puffers dan pari.

Blue Corner

Blue corner dive site dikategorikan salah satu tempat menyelam yang arusnya kuat (mencapai 3 – 4 knot) dan termasuk yang paling dalam. Terletak paling jauh di ujung sebelah utara Nusa Lembongan. Di Blue Corner terdapat jurang terumbu karang dengan teras seluas 24 meter. Blue Corner adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat ikan Mola – Mola. Selain itu penyelam bisa melihat kelompok besar pari elang, pari bintik hitam, tuna, hiu, kura – kura, lumba-lumba, hiu paus, belut morray, manta.

Sampalan

Di bawah laut Sampalan dive site terdapat beberapa lampu – lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda. Di lautan lebih dalam terdapat beberapa thermoclines. Sampalan dive site terletak di utara Nusa Lembongan dengan berbagai jenis ikan dan karang.

SD Point

SD Point dive site memiliki suhu 26 – 29 derajat celcius tetapi bisa turun mencapai 20 derajat celcius. Tempat ini memiliki arus yang kuat dan tepat untuk penyelam yang menyukai petualangan berbeda. Di SD Point terdapat ikan besar seperti Giant Trevally, Hiu dan jika beruntung bisa melihat Sunfish Mola-Mola (Juni-Oktober) . Jarak pandang di lautan sekitar 20 meter. SD point dive site bisa dinikmati penyelam sepanjang batu karang pantai utara Nusa Penida. 

Baca Juga Tulisan Berikut :