Ikan Mola – Mola di Nusa Penida

Ikan Mola-Mola dapat anda saksikan jika menyelam di lautan Nusa Penida Bali dan melihat keaneka ragaman biota laut menjadi salah satu wisata favorit untuk wisatawan yang berlibur ke Bali. Pulau Nusa Penida di sebelah tenggara pulau Bali menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk menyelam, dan jika beruntung anda bisa melihat ikan mola – mola yang sangat unik yang menjadi ciri khas Nusa Penida, Bali.

Ikan mola – mola yang dikenal juga dengan sebutan oceanic sunfish adalah hewan laut yang sudah sangat langka dan menjadi ikon laut Nusa Penida. Bentuk ikan ini sangat unik, bagian kepalanya yang besar dengan dua sirip yang menjulang seperti tanpa ekor dan inilah yang menjadi daya tarik untuk wisatawan yang penasaran untuk melihat ikan mola – mola.

Ikan Mola – Mola memiliki ciri khas :

ikan mola mola

ikan mola mola

Ciri khas Ikan Mola-mola memiliki bentuk yang unik yaitu bulat pipih dengan sirip menjulang ke atas dan ke bawah. Kedua sirip lancipnya terlihat tidak sesuai dibandingkan dengan tubuhnya yang lebar. Maka dari itu ikan ini menjadi ikan yang fenomenal di Bali. Ikan mola – mola walaupun memiliki badan raksasa tetapi tidak berbahaya seperti hewan raksasa laut lainnya. Makanan pokok ikan mola – mola adalah ubur – ubur. Ikan ini memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga sering mendekati para penyelam yang sedang diving/ snorkling. Keunikan lainnya yaitu ikan mola – mola hampir setiap hari berjemur ke permukaan laut, maka dari itu disebut dengan nama sunfish.

Karakteristik Ikan Mola–Mola 

Ikan Mola – mola memiliki ukuran yang besar, untuk ikan yang dewasa diameter tubuhnya bisa mencapai 3-4 meter dan berat mencapai 1- 2,25 ton. Karena ukuran tubuhnya yang besar, membuat ikan mola – mola lambat saat berenang dan tidak bisa melawan arus ombak. Biasanya setiap jenis ikan selalu memiliki sirip ekor di samping kiri dan kanan, tetapi berbeda dengan ikan mola – mola yang hampir tidak memiliki sirip ekor. Ikan mola – mola memiliki sirip berada vertikal diatas dan dibawah (punggung dan perut) yang disebut calvus.

ikan mola mola

Ikan mola – mola tidak tahan dengan dingin, saat di pagi hari waktunya ikan ini untuk berjemur, dan pada malam hari ikan ini menyelam sampai kedalaman 600 meter. Maka dari itu ikan ini dapat hidup di lautan tropis yang bersuhu hangat. Ikan ini bisa mati jika berada dibawah suhu 12 derajat celcius.

Lokasi Habitat Ikan Mola-Mola 

Ikan mola – mola bisa anda temukan saat menyelam di lautan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali. Waktu terbaik untuk melihat ikan ini dari dekat antara bulan Juli – November, anda bisa melihat beberapa ikan mola – mola sekaligus. Ada dua spot menarik untuk melihat keberadaan ikan mola – mola yaitu di Blue Corner dan Crystal Bay. Beberapa provider selam di Bali akan mengantar anda menyelam untuk bertemu ikan Mola – mola yang menakjubkan ini.

ikan mola-mola

Baca Juga Tulisan Berikut :