Kolam Alami Mata Air Temeling

Melihat mata air tepat di depan kalian, pasti kalian ingin menceburkan diri dan berendam kan? Jika kalian ingin merasakan kesegeran air alami dari mata air, tempat wisata Mata Air Temeling Nusa Penida menjadi tempat yang tepat buat kalian kunjungi.

Sejarah Mata Air Temeling

Mata Air Temeling ini memiliki sejarah yang menarik buat kalian ketahui. Konon, dulunya ada seorang wanita hamil yang pergi ke hutan untuk mencari ternak sapinya. Sampai pada akhirnya wanita ini menemukan mata air ini. Karena ditemukan seorang ibu hamil yang dalam bahasa balinya “beling”. Jadi tempat ini dinamakan Mata Air Temeling.

mata-air-temeling

Yang ada di Mata Air Temeling

Mata Air Temiling menawarkan wisata alam dengan mata air alami untuk kalian yang datang berkunjung kesini. Mata Air Temeling biasa disebut Natural Swimming Temeling oleh wisatawan mancanegara.

Ada empat pura yang bisa kalian temui disini dan dikelola masyarakat setempat  yaitu Pura Pancuhan Tembeling, berada persis di samping mata air yang juga disucikan, Pura Batu Bolong sebagai pura penjaga, Pura Pesimpangan Ratu Kanjeng yang paling besar, serta Pura Taman Panca Gangga sebagai penjaga di pintu masuk kawasan.

mata air temeling

Fungsi Mata Air Temeling

Mata Air Temeling menjadi cagar alam yang dijaga kelestariannya terdapat satwa monyet dan burung Jalak Bali disini. Selain itu terdapat kolam yang airnya bisa kalian minum yang dipercaya bisa memberi pengaruh positif dan digunakan sebagai air suci atau tirta untuk ritual keagamaan.

Di mata air ini terdapat kolam yang berbeda untuk pria dan wanita. Kolam yang cukup besar untuk pemandian pria dengan diameter sekitar 6 meter. Satu tingkat dibawahnya terdapat kolam untuk wanita yang cukup dangkal dengan kedalaman hanya sekitar selutut orang dewasa dan langsung berbatasan dengan pantai. Di tempat pemandian wanita kalian akan melihat deburan ombak yang menghantam perbatasan tebing karang.

mata-air-temeling-nusa-penida

Lokasi Mata Air Temeling
Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Berada cukup jauh dari pusat kota kecamatan. Berjarak sekitar 35 km dari pelabuhan ke arah barat.

Dari parkiran menaruh kendaraan sampai ke Mata Air Temeling, kalian memerlukan waktu kurang lebih 60 menit dengan trekking sepanjang 1,6 km. Lumayan melelahkan ya, tapi semua akan terbayar kok dengan segarnya mata air di kolam alami ini. Tetapi Fasilitas yang ada masih minim yaitu tidak adanya kamar ganti dan toilet, semoga untuk kedepannya bisa ditingkatkan agar wisatawan lebih banyak yang datang ya.

Untuk kalian para pencinta alam, jangan sampai melewatkan liburan untuk berkunjung ke objek wisata ini ya. Selain kesegaran Mata Air Temeling Nusa Penida, kalian juga bisa trekking ditemani nuansa alam yang asri sampai ke tujuan wisata.