Mata Air Guyangan, Nusa Penida

Liburan ke Nusa Penida tidak lengkap rasanya jik akita tidak mengunjungi pantai. Yap, benar. Nusa Penida terkenal dengan keindahan pemandangan lautnya. Mulai timur hingga barat banyak sekali kita temui pantai yang indah di Nusa Penida, Mulai dari Atuh Beach hingga Pantai Kelingking menawarkan keindahan alam yang belum bisa temui di tempat lain. Namun, kali ini kita akan membahas salah satu dari 3 sumber mata air yang ada di Nusa Penida yang lokaisnya tepat berada di tepi laut  yaitu Mata Air Guyangan atau Peguyangan Waterfall

Lokasi Mata Air Guyangan 

Mata Air Guyangan berlokasi di Banjar Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Toyapakeh Nusa Penida.  Tibanya di parkir mata air guyangan ini kita harus berjalan kaki lagi sejauh 30 menit dengan menuruni anak tangga yang letaknya sangat terjal di tebing yang dibawahnya langsung berhadapan dengan laut.  Lokasi air terjun peguyangan ini tepat berada di bawah tebing tinggi, dimana kketika kita menuruni anak tangga ini diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang sangat tinggi karena sudut kemiringan jalan yang kita lalui hampir 80 derajat. 

Mata Air Guyangan ini merupakan kawasan suci dimana saat memasuki lokasi guyangan waterfall ini kita wajib menggunakan busana adat bali (sarung).  Umat hindu biasanya datang kesini tidak hanya untuk mengunjungi Mata Air Guyangan, juga sambil melakukan persembahyangan, karena di lokasi ini ada sebuah pura yang disucikan yang bernama Pura Segara Kidul. 

Menuri puluhan anak tangga ini, memerlukan kewaspadaan kita teman-teman. Walaupun tangganya sudah permanen dan memiliki pegangan di sisinya, kita tidak bisa bercanda saat berjalan disini, sedikit aja terpeleset kita bisa terjun bebas ke laut. Jadi bagi teman-teman yang ingin kesini sangat disarankan untuk menghindari musim hujan karena jalannya akan menjadi semakin licin. Dan juga jika kita kesini jangan lupa memilih alas kaki yang tepat karena jika tidak kita akan kesulitan untuk menuruni anak tangga ini. Jangan menggunakan alas kaki yang licin ya. 

Untuk menuju ke bawah hingga sampai di mata air penguyangan ini kita perlu perjuangan yang extra hati-hati. Tapi jangan khwatir setelah kita tiba dibawah kita bisa melihat indahnya panorama alam di di peguyangan waterfall ini, sekilas mirib dengan Diamond Beach. Capek dan menegangkan memang perjalanan yang harus kita lewati untuk menyaksikan keindahan alam di Peguyangan Waterfall. Tetapi kita tidak akan menyesal setelah kita bisa menikmati keindahan alam disini. 

Aktivitas yang dapat dilakukan di Mata Air Guyangan 

Mata Air Guyangan  berasal dari aliran air yang mengalir dari celah tebing. Oleh karena itu, beberapa wisatawan mengenal mata air Guyangan ini dikenal dengan sebuatan Mata Air Peguyangan. Mata Air Guyangan ini juga digunakan oleh warga sekitar untuk kegiatan sehari-hari yang mana sudah dikelola oleh perusahaan daerah air minum setempat sehingga bisa dialirkan ke rumah-rumah warga sekitar. Namun demikian, tidak semua aliran air ini dialirkan ke rumah warga, karena sisanya yang hampir 70% dibiarkan mengalir ke laut lepas.  Disini terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan oleh warga ataupun wisaatawan untuk mandi atau sekedar berenang. Namun demikiaan, kolam yang letaknya paling atas dan dekat dengan Pura Segara Kidul tidak boleh digunakan untuk aktivitas apapun, karena air yang ada di kolam tersebut digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan. 

Selain dapat memandangi air yang menyegarkan disini, kita juga bisa memandangi indahnya laut lepas nusa penida dari lokasi mata air Guyangan ini. Pemandagan unik yang dapat kita rasakan disini adalah air terjun dan lautan lepas yang menyatu. 

Bagi teman-teman yang mandi atau berendam di kolam mata air guyangan ini harus tetap hati-hati dan memperhatikan keselamatan karena, aliran airnya langsung mengalir ke laut lepas. Air yang terdapat di kolam ini sangatlah jernih, sehingga kita bisa melespakan ketegangan otot ketika kita menuruni puluhan anak dengan dengan berenang disini.  Lokasi air terjun Peguyangan juga sangat indah digunakan untuk spot foto, dengan latar birunya air laut. 

Jika teman-teman berkunjung kesini jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tetap berperilaku sopan. Untuk teman-teman perempuan yang berkunjung kesini dan sedang datang bulan, tidak diperbolehan untuk turun ke kolam mata air Guyangan dan menjauh daerah areal suci Pura Segara Kidul. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *