Nusa Penida Festival Yang Menarik

Nusa Penida Festival memiliki tujuan agar nusa penida menjadi potensi pariwisata yang semakin diminati wisatawan. Tidak hanya mengangkat tradisi, budaya dan seni, nusa penida festival juga menonjolkan potensi wisata bahari sesuai dengan logo Nusa Penida yang bergelembung jangkang, burung Jalak Nusa, dan Meru. Maka dari itu Festival diselenggarakan untuk promosi Pariwisata di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Klungkung. Nusa Penida Festival tiap tahunnya menggunakan tagline Nusa Penida sebagai surga, pada tahun 2014 yaitu The Rise A New Paradise, tahun 2015 yaitu Enjoy The Blue Paradise, tahun 2016 yaitu Exploring The Blue Paradise.

Nusa penida festival

Lomba Jukung di nusa penida festival

Dengan lebih memperkenalkan aset pariwisata di Nusa Penida dengan pemandangan pantai dan alamnya yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga diharapkan wisatawan yang berkunjung lebih banyak lagi. Nusa Penida Festival juga memperkenalkan ikan mola-mola (sunfish) yang menjadi ikon Nusa Penida dan juga ikan pari manta yang hanya datang di bulan Juni-Oktober pada titik lokasi penyelaman dengan pemandu-pemandu handal dan bersertifikat. Pada acara Nusa Penida Festival terdapat berbagai kegiatan budaya dan kunjungan wisata setiap tahunnya sesuai tema yang diambil.

Nusa penida festival

Pertunjukan Tari Balir Jangkang di nusa penida festival

Nusa Dua Festival diadakan pada waktu dan tempat di sekitar Nusa Penida yang sudah ditentukan setiap tahunnya. Dalam pembukaan acara menampilkan tari Baris Jangkang yang ditarikan 1000 penari laki – laki oleh masyarakat Nusa Penida dengan pakaian dominan berwarna kuning dan membawa tombak. Baris Jangkang melambangkan kegagahan tentara masa lalu yang terlihat dari gerakan yang luwes tapi penuh kekuatan dalam nilai seni yang tinggi dan pakem yang berbeda dengan tarian – tarian lainnya di Bali. Selain itu ada juga lomba renang, lomba perahu layar, pameran UMKM, lomba photography dan transplantasi terumbu karang. hiburan Wayang Joblar dan musik oleh band-band lokal juga akan meramaikan suasana Nusa Dua Festival.

Nusa penida festival

Pertunjukan Saat Festival

Nusa Penida Festival Dapat Dituju Dengan

Anda dapat menuju Nusa Penida menggunakan speed boat yang cepat dan nyaman yang berangkat dari pantai Sanur, Bali.

Jadwal keberangkatan Speed Boat 

Dari Sanur : pukul : 08.30 AM , 10.00 AM ,16.00 PM

Dari Nusa Penida : pukul: 07.30 AM , 09.00 AM , 15.00 PM

Nusa Penida Festival dipersiapkan dengan sangat baik dan saat ini menjadi acara rutin tahunan serta promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Tari Penyambutan Saat Festival

Tari Penyambutan Saat Festival

 

Baca Juga Tulisan Berikut :