Nyepi Laut Nusa Penida Jatuh Pada 6 Oktober 2017

Tradisi Nyepi Laut di Perairan Nusa Penida yang juga mencangkup di perairan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan yang masih termasuk wilayah Bali yaitu pulau 3 Nusa masuk ke dalam Kabupaten Kelungkung, Provinsi Bali. Nyepi Laut Nusa Penida Bali adalah salah satu tradisi yang selalu di dilaksanakan setiap tahun kalender bali.

Bagi Umat Hindu Hari Raya Nyepi adalah hari raya peringatan Tahun Baru Caka sesuai kalender Bali. Nyepi dilaksanakan oleh seluruh umat hindu, di Bali sendiri saat hari raya nyepi semua aktivitas yang lumpuh selama 24 jam yang biasanya di mulai sejak pukul 6 pagi (terbitnya matahari) dan berakhir pada esok harinya pas matahari terbit (-+ jam 6 pagi). Dalam pelalaksanaan Hari Raya Nyepi di Bali tidak terjadi aktivitas apapun terkecuali apabila ada suatu kecelakaan atau dalam kondisi darurat dengan meminta izin pada pihak yang berwenang. Baik Umat hindu atau masyarakat lainnya juga ikut menghormati pelaksanaan hari raya nyepi dengan mengikuti aturan daerah yang sudah ditetapkan.

Nyepi Laut atau yang sering di sebut Nyepi Segara oleh orang Bali bertujuan untuk mengistirahatkan laut sejenak dari berbagai kesibukan dengan tujuan menunjukkan rasa terimakasih dan syukur atas segalah kelimpahan rejeki yang didapat dari hasil laut baik berupa ikan dan hasil laut lainnya. Nelayan ataupun penyedia layanan wisata bahari dan pelayaran-pelayaran oleh kapal / fast boat yang membawa wisatawan domestik atau mancanegara tidak diizinkan untuk melakukan pelararan atau aktivitas bahari selama seharian penuh (24jam). Dan kembali dengan rutinitas biasa pada keesokan harinya. Tradiri atau Upaacara Ngusaba dan Nyepi Segara (Nyepi Luat Nusa Penida) dikatakan sebagai rangkaian yang bermakna penyucian atau pembersihan khususnya di Segara/perairan/laut untuk keselarasan alam semesta.

Upacara dan tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun sesuai kalender Bali yang jatuh pada Sasih Purnama Kapat dengan melaksanakan upacara rarung atau pakelem di tengah laut, upacara besar dilakukan secara bergilir di dua pura besar yaitu Pura Penataran Ped dan di Pura Batumedawu.

Tahun ini Nyepi Laut Nusa Penida akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2017, pelayaran akan ditutup selama satu hari penuh dan akan di buka kembali pada tanggal 7 Oktober 2017 dengan rute baik ke Nusa Lembongan Ceningan ataupun Nusa Penida.