Panduan Lengkap Matirtayatra Ke Nusa Penida

Selain tujuan wisata, Nusa Penida juga menjadi tujuan tirtayatra bagi umat Hindu di Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. Di Nusa Penida terdapat beberapa pura Kahyangan Jagat yang sangat terkenal seperti  Penataran Dalem Ped, Puncak Mundi dan Goa Giri Putri yang memiliki keunikan tersendiri.

Bagaimana Cara Tirta Yatra Ke Nusa Penida

Untuk Tirta yatra Ke Nusa Penida kita harus menyeberang dengan menggunakan kapal laut karena Nusa Penida merupakan pulau yang terlepas dari Bali. untuk menyebrang ke Pulau Nusa Penida kita bisa menggunakan beberapa pilihan diantaranya bisa menggunakan Kapal Roro dari Padang Bay di mana kapal ini bisa mengangkut atau menyeberangkan mobil juga. Yang lebih cepat kita bisa menggunakan kapal cepat dari Sanur ataupun dari Kusamba.

Untuk pergi ke Nusa Penida anda dapat menggunakan beberapa rute pilihan diatas dan menggunakan beberapa pilihan kapal cepat di bawah ini:

• Kusamba ke Nusa Penida : Dari Dermaga Tribuana ke Sampalan (20 menit di laut), Menggunakan kapal Cepat Gangga Express (Paling kami rekomendasikan)

Menggunakan gangga express sangat nyaman sekali saat ini karena untuk naik ke boat kita sudah ada fasilitas seperti jetty atau tempayan menuju Boat sehingga kita tidak akan kebasahan diterjang ombak. Tiketnya juga murah 50.000/orang (Ktp Bali)

• Padang Bai ke Nusa Penida : Menggunakan Kapal Ferry Roro
  • Sanur ke Nusa Penida : Dari Pantai Sanur ke Toyapakeh (40 – 15 menit di laut), Menggunakan kapal Cepat Crown Fast Cruise, El Rey Junior
  • Sanur ke Nusa Penida : Dari Sanur ke Sampalan (45 menit di laut ), Menggunkan Kapal Cepat Mola-Mola Express
    Jika berangkat dari sanur

Kendaraan di Nusa Penida

Untuk menuju pura pura di Nusa Penida kita bisa menyewa motor jika mau hemat atau bisa menyewa mobil sekaligus driver. Sewa motor biasanya 80000/hari dan sewa mobil mulai 350.000 – 700.000 tergantung rute tempat/pura yang akan dikunjungi. Sewa Mobil Tirtayatra

Pura-pura mana sajakah yang rekomendasi untuk kita kunjungi di Nusa Penida?

Sebenarnya ada banyak sekali pura di Nusa Penida yang bisa kita jadikan sebagai tujuan untuk Tirta yatra. Tetapi jika kita belum pernah ke sana ada beberapa pura yang umum yang bisa kita jadikan pilihan utama sedangkan pura-pura lainnya yang tidak begitu terkenal  bisa kita kunjungi saat kita melakukan di tirtayatra pada kesempatan berikutnya. Berikut pura-pura yang umum dikunjungi untukmu tirtayatra :
Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Dalem Penataran Ped, Pura Mobil/Paluang, Pura Ratu Kidul, Pura Puser Saab.

Pin warna HIJAU : Pura Pura yang paling umum dan mudah diakses
Pin warna KUNING : Pura Pura yang berlokasi lebih jauh dari pelabuhan.
Pin warna MERAH : Pura Pura yang cukup sulit dijangkau dan memiliki medan sulit untuk menuju pura. Diperlukan fisik dan mental cukup untuk ke sini.

Pilihan Rute Matirtayatra di Nusa Penida yang kami Rekomendasikan

Ada beberapa rute yang dapat anda pilih sesuai dengan tujuan dan keinginan anda. Anda bisa Matirtayatra 1 hari balik dengan memilih 2 sampai 3 pura saja. Jika Matirtayatra ke 4 pura anda harus Makemit/Menginap dan balik besok paginya ke Bali. Berikut daftar Rute yang bisa anda pilih:

• Kunjungan 2 Pura : Goa Giri Putri dan Pura Dalem Penataran Ped (Populer)
  • Kunjungan 3 Pura : Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi dan Pura Dalem Penataran Ped (Populer)
  • Kunjungan 2 Pura : Pura Mobil atau Pura Paluang dan Pura Penataran Dalem Ped
  • Kunjungan 3 Pura : Pura Puncak Mundi, Pura Paluang dan Pura Dalem Ped
  • Kunjungan 4 Pura : Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Paluang/Pura Mobil dan Pura Penataran Dalem Ped  (Populer dengan Makemit/Menginap)
  • Kunjungan 4 Pura : Pura Puncak Mundi, Pura Paluang, Pura Mata Air Tembeling, Pura Penataran Dalem Ped
  • Kunjungan 5 Pura : Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Mata Air Tembeling, Pura Paluang, Pura Penataran Dalem Ped

Matirtayatra Tanpa Mekemit/Menginap

Jika kita rencana matur atau Tirta yatra ke Penida tanpa makemit atau tanpa menginap kita hanya bisa mengunjungi 2 sampai 3 pura saja.

Note : Jika dalam acara Metirtayatra ada rencana pergi ke pura mobil dan tanpa menginap maka kita maksimal bisa melakukan persembahyangan di dua pura saja yaitu pura Mobil/Paluang dan Pura Dalem Ped. Ini karena pura mobil ini berlokasi di bagian selatan dari Pulau Nusa Penida sang cukup jauh.

Metirtayatra/Bersembahyang Dengan Makemit/Menginap semalam di Nusa Penida

Dengan menginap semalam akan memberikan waktu yang lebih baik untuk bisa mengunjungi lebih banyak pura. Banyak orang yang berangkat pagi hari kemudian melakukan persembahyangan dari pagi sampai petang dan akhirnya menginap di Pura Penataran Dalem Ped. Kemudian besok paginya bersiap-siap untuk menuju pelabuhan dan kembali ke Bali. Driver kami akan menjemput anda di Pura Dalem Ped sekitar pukul 6.30 dan mengantar anda ke pelabuhan untuk naik boat Trip Pagi ke Bali.

Jika kita mau ke Mekemit atau menginap kita bisa mengunjungi 4 pura bahkan 5. Tetapi saran kami kunjungi 4 pura saja biar tidak terlalu menguras tenaga.

Di Pura Penataran Dalem Ped ada sebuah wantilan yang biasa digunakan pemedek sebagai tempat tidur jika makemit di sana. Kita bisa menyewa tikar sebagai alas di warung dekat parkiran yang berada di pojok berdekatan dengan pantai. Saat saya tangkil ke sana harga sewa tikar adalah 15.000 rupiah.

Urutan Persembahyangan di Masing-Masing Pura di Nusa Penida

1. Goa Giri Putri : Persembahyangan di Pura Goa Giri Putri anda menyediakan sekitar 6 Canang sari atau Bisa menghaturkan Pejati di salah satu pelinggih di Pura Goa Giri Putri. Dari parkiran ke lokasi Pura kita akan naik tangga kurang lebih sekitar 120 anak tangga. Pertama sembahyang di Pelinggih pertama sebelum masuk ke dalam goa, lalu persembahyangan di pelinggih pertama setelah masuk goa, kemudian melukat di pelinggih Dewi Gangga, kemudian Persembayangan di pelinggih yag berada di Depan dewi gangga, lalu kita lanjut sembahyang di pelinggih di atas kita naik anak tangga lagi, lalu dilanjutkan di pelinggih Dewi Kwan In.
  2. Pura Puncak Mundi : Persembahyangan di Pura Puncak Mundi anda menyediakan 2 Canang Sari atau Tambahan Pejati 1. Sebelum Maturan ke pura Puncak Mundi anda akan maturan di Pura Dalem Kerangkeng terlebih dulu baru di lanjutkan ke Pura Puncak Mundi.
  3. Pura Paluang/Pura Mobil : Persembahyangan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu di pelinggih Pura Segara dan kemudian di lanjutkan di jeruan Pura Paluang. Memerlukan 2 canang sari atau bisa juga 1 Pejati di Jeruan Pura Paluang.
  4. Pura Penataran Dalem Ped : Anda minimal membawa 4 Canang sari atau bisa membawa Beberapa Pejati. Persembahyangan pertama di mulai dari Pura Segara dekat Pura Penaratan Dalem Ped. Kemudian persembahyangan di Pura Taman, kemudian di Pura Ratu Gede, dan terakhir sempahyang di Pura Penataran Dalem Ped.
  5. Pura Ratu Kidul (Mata Air Guyangan) : Kalo tidak salah ingat di sini ada sekitar 2 atau 3 tempat untuk menghaturkan sesajen. Jadi siapkan saja baten dan bawa beberapa canang.
  6. Pura Mata Air Tembeling.

Note: Untuk pergi ke Pura Tembeling anda hanya akan diantar sampai parkiran atas saja, untuk menuju ke pura tembeling anda harus atau sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa ojek dengan biaya Rp.50.000/orang, jarak dari parkiran atas ke parkiran bawah yaitu di Depan Pura sekitar 2.5 km.