Pantai Banah Nusa Penida, Tebing Berlubang di Bali

Nusa Penida terkenal dengan keunikan dari masing – masing pantai yang ada disini. Buat kalian yang berlibur ke Nusa Penida, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Banah Nusa Penida (Banah Beach) ya. Pantai yang memiliki daya tarik yang sangat mencolok, yaitu terdapat tebing kapur berada di tengah laut yang berlubang di tengah tebing dengan pepohonan hijau yang tumbuh di atas tebing yang biasa disebut Tebing Banah.

Pantai / Tebing Banah Nusa Penida Bali

Pantai / Tebing Banah Nusa Penida Bali

Tentang Pantai Banah ?

Pantai Banah juga menjadi ciri khas wisata di Nusa Penida. Jadi buat kalian yang mau kesana, pasti ga bakalan nyesel deh berkunjung ke Pantai Banah karena panorama unik tebing berlubang dengan rerumputan dan pepohonan hijau yang lebat akan kalian saksikan dari atas ketinggian Pantai Banah.

Tebing Banah ini berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Nah, dari ketinggian Pantai Banah kalian akan merasakan sensasi yang menegangkan karena sama sekali tak ada pembatas antara tepian tebing dengan laut di bawah. Jadi kalian juga harus hati – hati ya, tetapi pemandangan dan spot foto yang indah ini cocok banget buat kalian yang mau mengabadikan foto saat berada di sini. Karena air lautnya  yang jernih, kalian juga bisa melihat ikan pari dari ketinggian tebing Banah. Jika kalian ke Pantai Banah saat sore hari, jangan lewatkan keindahan panorama sunset yang terlihat dari ketinggian Pantai Banah ya, begitu juga sebaliknya saat kalian kesana pada pagi hari pemandangan sunrise yang eksotis akan menyapa kita.

Selain itu pemandangan Manta Point bisa juga kita lihat dari ketinggian Pantai Banah. Biasanya wisatawan yang memiliki hobi menyelam, menggunakan speedboat untuk menuju Manta Point.

Lokasi Pantai Banah Nusa Penida 

Pantai Banah terletak di Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Perjalanan menuju Pantai Banah searah dengan wisata Mata Air Temeling.

Untuk menuju Nusa Penida, kalian bisa menyebrang melalui jalur laut dengan boat cepat (speed boat) atau kapal roro Nusa Jaya Abadi (moda transportasi utama) . Dari pelabuhan Buyuk memerlukan waktu sekitar 1 jam menuju Pantai Banah. Untuk menuju Pantai Banah, kalian bisa menggunakan sepeda motor yang disewakan, harga sewa sekitar Rp 50rb – 100rb. Di perjalanan, terdapat juga petunjuk jalan menuju Pantai Banah. Setelah Sampai di Pantai Banah Nusa Penida, akses perjalanan yang cukup sulit dan melelahkan akan terbayarkan saat kalian memandang hamparan hijau diatas tebing banah.

Kalian pasti penasaran kan dengan pantai Banah? Maka dari itu jadikan Nusa Penida tepatnya Pantai Banah di daftar tujuan wisatamu selanjutnya ya. Dan abadikan foto terbaikmu di spot – spot foto yang menarik di Pantai Banah.

Baca Juga Tulisan Berikut :