Pantai Kelingking Nusa Penida, Melihat Pesona Tebing Karang Dawa

pantai kelingking nusa penida

Pantai lagi ? Tapi kalian jangan bosan ya mendengar kata pantai jika berkunjung ke Bali. Pantai – pantai di Bali, terlebih lagi Nusa Penida mempunyai kelebihan tersendiri loh. Ga sama dengan pantai lainnya. Terdapat pantai di Nusa Penida dengan tebing menyerupai ikan paus. Pasti kalian berpikir tebing ini buatan manusia kan? Kalian salah, tebing ini tebing yang tercipta alami di Pantai Kelingking Nusa Penida. Wah, ngebayanginnya saja pasti udah menarik dan keren banget ya.

Pantai Kelingking Nusa Penida

Ciri Khas Pantai Kelingking

Pantai Kelingking yang sering juga disebut Kelingking Secret Point. Pemandangan lautan lepas yang biru dan hamparan pasir pantai yang bisa kalian lihat dari ketinggian tebing.

Tebing mirip ikan paus yang menjorok ke lautan ini biasa disebut tebing Karang Dawa/ tebing Paluang. Karena kita tidak bisa melewati tebing paluang dan tidak ada akses jalan turun ke bawah, kalian bisa melihat keindahan panorama pantai Kelingking dari atas bibir tebing. Walaupun begitu, pemandangan dari atas tebing tidak gampang kalian temukan di tempat wisata lain loh.

Tebing Paluang menjadi tebing pembatas pantai antara Pantai Kelingking disebelah kanan dan Pantai Paluang di sebelah kiri. Selain itu di tebing Pantai Paluang kalian juga bisa mengunjungi Pura Paluang atau yang lebih dikenal Pura Mobil. Karena pelinggih di pura ini berbentuk mobil. Konon, pelinggih mobil ini dibangun karena dulunya masyarakat sekitar sering mendengar deru suara mobil dan klakson mobil. Padahal saat itu belum terdapat mobil disana.

Jika kalian kesana jangan lupa persiapkan kamera untuk mendapatkan foto dengan background tebing Karang Dawa yang menjadi ciri khas pantai Kelingking ini. Tapi kalian harus tetap berhati – hati ya karena tebing ini belum ada pembatasnya.

Pantai kelingking Nusa penida

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Kelingking terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida bagian barat, Klungkung, Bali. Pantai ini berada di sebelah selatan objek wisata Broken Beach dan Angel’s Billabong.

Perjalanan menuju Kelingking Secret Point sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Toya Pakeh. Dan sekitar 45 menit dari pelabuhan Nusa Penida yang berjarak sekitar 25 km. Di perjalanan menuju Pantai Kelingking kalian akan ditemani pemandangan hutan kelapa dan bukit hijau di sekitarnya.

Kalian tidak perlu membayar tiket masuk ke pantai Kelingking alias gratis. Disarankan buat kalian menyewa sepeda motor saat berkunjung kesini, kalian bisa memarkir motor sewaan sebelum berjalan kaki menuju bibir tebing.

Jangan lupa berbekal minuman dan makanan di tas kalian ya, karena kalian akan sulit menemukan pedagang.

Kalian ingin berlibur? Siapkan rencana liburan kalian ke Pantai Kelingking Nusa Penida ya, spot – spot foto yang menarik pasti akan menghiasi media sosial yang kalian punya.

baca juga panti nusa penida untuk mengetahui pantai menarik apa saja yang bisa dikunjungi di nusa penida saat liburan.

Baca Juga Tulisan Berikut :