Pantai Suwehan Nusa Penida 

pantai-suwehan-nusa-penida

Sudah pernah liburan ke Bali? Bali tidak hanya pantai Kuta, Sanur, dan Pandawa aja loh. Masih banyak terdapat pantai lain yang tidak kalah eksotisnya. Di Nusa Penida sebelah tenggara Bali terdapat pantai yang masih tersembunyi yaitu Pantai Suwehan Nusa Penida. Pantai ini sangat cocok untuk kalian yang suka berpetualang. Pantai Suwehan juga masih jarang dijamah turis lokal atau asing sehingga kealamiannya masih sangat terjaga.

Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai Suwehan Nusa Penida

Daya Pantai Suwehan

Pantai Suwehan Nusa Penida memiliki panjang kurang lebih 400 meter, selain pasirnya yang putih bersih terdapat batu besar berbentuk segitiga lancip di di laut persis seperti di Pipi Island, Thailand. Warga setempat biasa menyebutnya batu jineng. Selain itu juga banyak orang yang menyebutnya Pantai Volcom karena batu tersebut menyerupai brand volcom.

Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk kalian yang ingin berlibur mencari ketenangan dan refreshing. Kalian dapat bisa bersantai menikmati indahnya lautan sambil merasakan angin laut yang sejuk. Kalian juga bisa berenang di pantai ini, tapi jangan terlalu ke tengah ya karena berbahaya dan di beberapa area sudah dipasang bendera merah untuk memperingati wisatawan. Kita juga bisa melihat ada perahu nelayan traditional di pantai ini.

Waktu yang tepat berkunjung saat sore hari ke pantai ini. Tapi jangan khawatir jika berkunjung saat siang hari tebing – tebing yang mengelilingi pantai ini akan menjadi peneduh.

 

Pantai Suwehan Nusa penida

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Suwehan

Pantai Suwehan terletak di ujung tenggara Nusa Penida lebih tepatnya dusun Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali.

Menuju pantai Suwehan kalian bisa melalui desa Tanglad. Untuk bisa sampai ke pantai ini kalian harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter dengan jalan yang sempit, menurun, dan curam. Sebelum mencapai pantai Suwehan Nusa penida kalian akan melewati candi bentar, disana juga terdapat Pura Puseh. Masyarakat setempat sembahyang dipura ini saat hari raya Buda Cemeng Klau dan saat melasti. Pura ini berada di atas Pantai Suwehan dan menjadi jalur yang akan kalian lewati menuju pantai. Kalian akan terus melewati jalan setapak dan melewati tebing jalur bukit yang curam belum berisi anak tangga. Memerlukan stamina lebih untuk dapat mencapai Pantai Suwehan, tetapi saat sudah sampai tetesan keringat kalian akan terbayar ketika melihat keindahan pantai pasir putih dengan lautan biru yang mengagumkan. Pantai dengan kecantikan yang tersembunyi dan jauh dari keramaian, benar – benar terasa damai saat berada disini.

Sewehan Beach Nusa Penida

Sepanjang perjalanan, kalian akan melihat sumber mata air tawar. Air ini penting bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari di musim kemarau. Air di sumber mata air ini pun sangat jernih dan segar.

Walaupun pantai ini memiliki akses perjalanan yang lumayan melelahkan untuk dilalui, tetapi dengan Berkunjung ke Pantai Suwehan membuat kalian serasa berada di pantai milik sendiri dengan panorama pantai yang mengagumkan. Saat kalian berlibur ke Nusa Penida, sempatkan berkunjung ke Pantai Suwehan Nusa Penida yang cantik ini ya!

Baca juga artikel lain mengenai pantai-pantai serta objek wisata menarik lainnya di nusa penida

Baca Juga Tulisan Berikut :