Pantai Toya Pakeh Nusa Penida, Spot Diving Terkenal di Bali

Saat kalian berkunjung ke Nusa Penida dan setelah tiba di Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida, dari sinilah semua petualangan liburan kalian di Nusa Penida akan dimulai. Toya Pakeh bukan hanya pelabuhan untuk transit saja tetapi tempat ini merupakan pantai dengan spot – spot indah yang sayang jika kalian lewatkan. Toya Pakeh Nusa Penida menjadi salah satu spot diving terkenal di Bali, Nusa Penida.

 

pantai toya pakeh nusa penida merupakan spot diving

Daya Tarik Wisata Pantai Toya Pakeh Nusa Penida

Toya pakeh adalah nama salah satu desa di Nusa Penida. Jika kalian berangkat dari Sanur maka kalian akan berlabuh di pantai Toya Pakeh.

Suasana Pantai Toya Pakeh sangatlah tenang dengan pasir putihnya yang bersih dan pemandangan pantainya yang luar biasa cantik. Toya Pakeh menjadi spot snorkeling dan diving terbaik karena kecerahan perairannya sangat baik sekitar 30 meter. Selain itu arus dan ombak disini sangat aman untuk diver saat melakukan aktivitas menyelam.

Di Pantai Toya Pakeh Nusa Penida kalian bisa menemukan jasa layanan wisata dengan mudah, dari akomodasi, sewa motor atau mobil dan tempat untuk makan dan minum. Untuk melakukan aktivitas watersport, kalian juga bisa menikmatinya di dermaga pontoon milik Quicksilver Cruise yang berada di lepas pantai Toya Pakeh Nusa Penida.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Toya Pakeh 

Di Toya Pakeh Nusa Penida kalian bisa menikmati keindahan pantai sambik duduk – duduk dan bersantai, menyaksikan aktivitas nelayan dan petani rumput laut, dan pasti yang menjadi tujuan utama wisatawan yang datang kesini yaitu diving dan snorkeling menikmati panorama bawah laut. Terdapat berbagai macam terumbu karang yang mencapai 40 meter dan ikan-ikan yang sangat cantik seperti ikan Blue trigger di dekat Pontoon. Disini juga biasanya ada banyak ikan Giant Trevally dan ikan Mola Mola yang besarnya mencapai 2 meter. Dengan arusnya yang tidak terlalu besar dan kecerahan lautannya, kalian bisa melihat biota bawah laut dengan jelas. Saat menyelam, lebih baik didampingi dengan guide diver untuk lebih mengetahui spot – spot yang menarik.

paantai toyapakeh nusa penida

Cara Menuju Spot Snorkling/ Diving Toya Pakeh Nusa Penida

Kalian bisa menyewa jukung atau perahu sampan dan berangkat dari Toya Pakeh Nusa Penida menuju ke tengah laut. Ditengah laut terdapat dermaga Pontoon yang dikelola Quicksilver Cruise yang dilengkapi fasilitas waterslide (papan seluncur air), tempat makan siang, start untuk aktifitas air seperti snorkeling, banana boat, diving dan lainnya. Pontoon Quicksilver merupakan bangunan terapung dengan 3 lantai. Jika kalian melihat dari atas, akan terlihat pemandangan pantai yang luas dan Pulau Nusa Penida. Di kawasan dermaga Pontoon inilah spot menarik untuk kalian yang ingin snorkling dan diving.

Lokasi dan Cara Menuju Toya Pakeh Nusa Penida

Desa Toyapakeh berada di sisi selatan Teluk Bali dalam kawasan Pulau Nusa Penida. Untuk transportasi dari Sanur kalian bisa menggunakan sampan tradisional dengan mesin, speed boat, kapal roro Nusa Jaya Abadi sampai kapal Quicksilver Cruise. Waktu tempuh berbeda – beda dari 30 menit sampai 1,5 jam. Perjalanan juga tergantung kondisi alam dan lautan. Jadi kalian bisa memilih sarana transportasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kalian ke Nusa Penida jangan lewatkan aktifitas wisata air di Toya Pakeh ini ya, karena keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya yang indah sudah menunggu kedatangan kalian.