Pelabuhan Buyuk di Pulau Nusa Penida

pelabuhan buyuk

Pelabuhan Buyuk merupakan salah satu pintu akses dan transportasi laut untuk memasuki Pulau Nusa Penida yang terletak di Buyuk, Kutampi, Nusa Penida, Kabupaten klungkung, Bali. Selain itu ada juga pelabuhan lainnya seperti Pelabuhan Sampalan, Dermaga Toya Pakeh dan yang lainnya. Selain untuk Penyebrangan Laut di Pelabuhan Buyuuk juga ada spot snorkeling yang bagus. Jadi setelah memasuki kawasan pulau Nusa Penida ada baiknya anda menikmati pemandangan bawah laut yang berada di Pelabuhan Buyuuk. Kedalaman di sekitar laut Pelabuhan Buyuuk sekitar 5-30 Meter.

Tempat Wisata Yang Ada Di Pelabuhan Buyuk

Spot Snorkeling 

Selain Pelabuhan, Buyuk juga ada spot snorkeling untuk wisatawan yang ingin bersenorkeling di Nusa Penida. Banyak yang menyelam di pelabuhan buyuk dan mengabadikan biota yang ada di bawah laut Pelabuhan Buyuk dengan cara memfoto ikan-ikan maupun terumbu karang. jadi jika anda ke Nusa Penida Cobalah pantai ini untuk dijadikan tempat snorkeling di Pulau Nusa Penida. Dan Di Lautan Buyuk ada banyak jenis hewan bawah laut seperti ikan mola-mola, moray, belut pita, udang mantis dan masih banyak biota bawah laut yang sangat indah. jika kalian berwisata ke Pulau Nusa Penida, singgahlah ke Pelabuhan Buyuk untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitaran pelabuhan Buyuk. Pelabuhan Buyuk juga dekat dengan pelabuhan tradisional sampalan. Dan juga lumayan dekat dengan Pura Dalem Ped dan Pura Goa Giri Putri.

Spot Religius

Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped merupakan salah satu pura yang berada di Pulau Nusa Penida. Letaknnya di Desa Peed sampalan Nusa Penida Klungkung. Di Pura Dalem Ped terdapat sesuhunan Ida Bhatara Ratu Gede Sakti (Ratu Gede Macaling) dan Ida Bhatara Ratu  Mas Manik Maketel, dan di sekitaran Pura Dalem Ped juga ada Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Dalem Ida Ratu Gede Mecaling dan Pura Penataran Agung Dalem Peed. Jadi ajak keluarga ataupun rombongan anda ke Pura Dalem Peed. Jika anda tertarik untuk Tirta Yatra Ke Pura Dalem Ped silahkan kunjungi Pura Dalem Ped melihat lebih lengkap.

Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri merupakan salah satu Pura yang terletak di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Anda akan menaiki ribuan tangga untuk mencapai ke Pura Goa Giri Putri, dan pada saat sampai di atas, anda akan melihat pemandangan laut yang sangat indah, setelah itu anda memasuki wilayah Pura Goa Giri Putri, ada yang unik di tempat masuk pura yaitu goa kecil hanya untuk 1 orang saja, pada saat anda berada di dalam Pura anda akan terkejut karena tempat masukknya kecil tapi Di dalam Pura nya Sangat besar. di Pura Goa Giri Putri ada tahap-tahapnya yang pertama anda sembahyang di  Linggih Ida Hyang Tri Purusan dan Ganapati, yang kedua Linggih Ida Hyang Wisnu dan Wasuki, ketiga Linggih Ida Hyang Dewi Gangga (tempat melukat), keempat Linggih Ida Hyang Giri Pati, kelima Linggih Ida Hyang Giri Putri dan yang terakhir Linggih Ida Hyang Siwa Amerta, Rambut Sedana, Ratu Mas Manik Melanting, Ratu Syahbandar, Dewi Kwan Im, Dewa Langit dan Dewa Bumi.

 

Baca Juga Tulisan Berikut :