Pura Yang Sering Dikunjungi di Nusa Penida

Pura di Nusa Penida menjadi salah satu tujuan wisata spiritual di Bali untuk umat beragama Hindu. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya umat Hindu yang mengunjungi Nusa Penida untuk tirta yatra. Di Nusa Penida banyak terdapat pura yang merupakan Pura Kahyangan Jagat. Pura yang paling sering dikunjungi untuk tirta yatra yaitu Pura Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Dalem Ped dan Pura Paluang (Pura Mobil).

Pura di Nusa Penida diantaranya :

Puncak Mundi

Pura di nusa penida Puncak Mundi

Pura Puncak Mundi

Pura Puncak Mundi adalah Pura Penataran Agung dengan jaba sisi, jaba tengah dan jeroan (paling dalam), dimana jaba tengah memiliki areal yang lebih luas dari jeroan. Pura Puncak Mundi berada di puncak Bukit Mundi yang menjadi tempat tertinggi di daratan Nusa Penida. Di puncak ini terdapat 3 pura utama yaitu Pura Beji, Pura Dalem Kerangkeng, dan Pura Puncak Mundi. Persembahyangan pertama dilakukan di Pura Beji yang berada sekitar 400 meter di timur puncak Mundi, kemudian persembahyangan kedua di Pura Dalem Kerangkeng, dan yang terakhir di Pura Puncak Mundi. Disini terdapat wantilan dan banyak bale untuk pekemitan. Di pura ini juga masih terdapat puluhan ekor kera di sekitar areal pura, jadi jika anda berkunjung ke pura ini harus lebih berhati – hati dengan barang bawaan anda. Biasanya umat yang melakukan tirta yatra ke Pura Puncak Mundi sebelum ke Pura Dalem Ped.

Pura Giri Putri

Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri

Goa Giri Putri menjadi pintu masuk untuk menuju Pura Giri Putri karena pura di nusa penida yang satu ini berada di dalam goa Giri Putri. Untuk menuju pura, anda harus berjalan kaki menaiki anak tangga menuju mulut goa. Di pelataran ini terdapat pelinggih berupa padmasana dan bangunan penyangga untuk penyimpanan peralatan upakara. Setelah bersembahyang di pelataran goa ini, lalu anda akan memasuki goa menuju Pura Giri Putri. Saat turun ke dalam goa yang memiliki diameter 80 cm, berlekuk – lekuk dan penuh tonjolan batu ini kita harus berjongkok sambil berjalan sepanjang 3 meter. Tetapi jangan khawatir karena di dalam goa sangat luas dan bisa menampung ribuan orang.

Tahapan persembahyangan di Pura Goa Giri Putri yaitu :

  • Linggih Ida Hyang Tri Purusan dan Ganapati
  • Linggih Ida Hyang Wisnu dan Wasuki
  • Linggih Ida Hyang Dewi Gangga ( tempat penglukatan)
  • Linggih Ida Hyang Giri Pati
  • Linggih Ida Hyang Giri Putri
  • Linggih Ida Hyang Siwa Amerta, Rambut Sedana, Ratu Mas Manik Melanting, Ratu Syahbandar, Dewi Kwan Im, Dewa dan Dewa Bumi

Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped merupakan kompleks pura terbesar di Nusa Penida. Pura di Nusa Penida ini merupakan pura yang di komplek pura ini terdapat 4 buah pura yaitu Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Ratu Dalem Gede dan Pura Penataran Agung.
Pura Segara

Dari areal pura Segara ini anda bisa mendengar deburan ombak air laut karena lokasi pura yang dekat dengan laut. Dengan suasana pantai yang mengiringi anda saat melakukan persembahyangan. Persembahyangan berlangsung seperti biasanya dengan dipimpin pemangku setempat.

Pura Taman Sari 

Kemudian melanjutkan ke Pura Taman yang bertujuan untuk penyucian. Pura ini terletak di sebelah timur atau sebelah kanan Pura Penataran Agung. Pura ini dikelilingi kolam yang dipenuhi bunga teratai.

Pura Dalem Ida Ratu Gede Mecaling

Setelah itu melanjutkan ke Pura Dalem Ida Ratu Gede Mecaling yang berada di sebelah kiri dari Pura Pentaran Agung, di sebelah utara wantilan, dengan 3 candi Gelung dan ornamen khas Nusa penida yang berwarna putih. Di dalam areal pura Ida Ratu Gede ini tidak terlalu banyak ada pelinggih tetapi memiliki areal yang cukup luas, satu pelinggih utama dan disebelah kiri pelinggih penyangga.

Pura Penataran Agung Dalem Peed 

Pura yang memiliki areal yang lumayan luas dengan penataan yang bagus. Pura Penataran Agung Dalem Ped ini berada di sebelah Pura Ida Ratu Gede. Terdapat banyak pelinggih berjajar pada sisi sebelah timur dan sebelah utara. Di tengah – tengah berdiri sebuah pelinggih bale pelik.Terdapat Padmasana di timur laut menghadap ke barat daya.

Pura Paluang (Pura Mobil) 

Pura Paluang

Pura Paluang

Pura di Nusa Penida ini adalah Pura Paluang sering disebut pura Mobil karena pelinggih di pura ini berbentuk mobil. Pura ini berada di atas laut lepas, pura ini sekilas terlihat sama dengan pura lainnya di Nusa Penida, Bali. Tetapi jika dilihat lebih jelas, pura ini memiliki perbedaan yang unik dengan pura lainnya yaitu dari 13 pelinggih yang ada di Pura Paluang terdapat 2 pelinggih yang menyerupai mobil VW Beatle dan Jimmy. Pura Paluang yang memiliki pelinggih berbentuk mobil adalah satu – satunya di dunia dan inilah yang menjadi daya tarik saat berkunjung ke Pura Mobil ini.

Dengan melakukan tirta yatra kita akan mendapat ketenangan batin dan semakin dapat merasakan kekuasaan pencipta yang Agung dan Suci sehingga kita dapat menyadari dan mensyukuri anugerah dariNya.

 

Baca Juga Tulisan Berikut :