Pura Puser Saab Nusa Penida Tujuan Tirtayatra Dan wisata Religius

Pura Puser Saab adalah salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat di Nusa Penida. Pura ini terletak di Banjar Dehan, Desa Batumadeg dengan jarak tempuh 14 km dari kota kecamatan. Pura Puser Saab memiliki keunikan arsitektur terutama di bagian tembok penyengker pura ini. Pura ini di dalam utama mandala terdapat Bale Sekenem dan Pelinggih Sanghyang Ganapati tempat untuk penyimpanan area Ganesha dan area – area perwujudan antara lain area perwujudan Bhatara Bhatari yang jumlahnya 13 utuh dan 18 fragmen. Pura ini memang tidak seterkenal Pura Penataran Ped dan Pura Puncak Mundi dan masih banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

Sejarah Pura Puser Saab 

Seperti yang dikutip dari Shadeg (2007;420) dan Sutjaja (2006:793), kata Sa(h)ab memiliki arti penutup/ saeb jadi kombinasi kata puser (inti/ pusat) yaitu menjadi pusat atau inti yang menjadi penjaga alam. Karena Pura ini memiliki hubungan langsung dengan Pura Puncak Mundi dan Pura Dalem Ped.

Pura Puser Saab berdiri sejak jaman Prabu Renggan yang juga mendirikan Pura Puncak Mundi. Awalnya Prabu Renggan mendirikan padma yoni yang menghadap ke timur. Setelah menyelesaikan pelinggih antara Pura Puser Saab dan Pura Puncak Mundi, kemudian melanjutkan mendirikan beberapa pelinggih di Pura Puser Saab yang bangunannya mirip bangunan kuil di Negara Nepal yaitu Linggih Bhatara Arca. Selanjutnya mendirikan beberapa Pura yaitu Pura Batu Medau (Desa Suana), Pura Penida (Penida, Sakti), Pura Dukuh Jumpungan (Sukun, Batukandik.

Pura Puser Saab

Pura Puser Saab

Pura ini terdiri dari 3 pelaban Pura yaitu di timur Pura Batu Paras, di selatan Pura Ratu Gede Dalem Selimpet dan di tengah Pura Puser Saab. Pura Batu Paras berstana Siwa sebagai pembersihan (penglukatan). Pura Ratu Gede Selimpet dimana setiap pujawali terlebih dahulu harus menghaturkan sesajen dengan banten yang isinya jeroan daging babi mentah yang lengkap, berdirinya Pura Ratu Gede Selimpet setelah pelebon Ratu Mas Mecuet. Lewat pewisik, beliau ingin dibuatkan pelinggih (pura dalem) di Selimpet. Maka dari itu dikenal dengan Pura Ratu Gede Selimpet (linggih Ida Ratu Gede Mas Macuet) yang berstana di Pelinggih bebaturan Selimpet (Mrajapati) dan menjadi rencang-rencang Ida Bhatara Puser Saab.

Pura Puser Saab ditandai adanya sebuah pancer batu besar di tengah – tengah utama mandala pura. Lewat pewisik, saat renovasi pelinggih Gedong Arca linggih Ida Bhatara Gana tidak dipindahkan dari pancer batu. Saat itulah Pura Puseh Saab berganti nama menjadi Pura Puser Saab. Satu – satunya Pura Sad Kahyangan di Nusa Penida yang memiliki banyak arca dan yang menjadi misteri jumlah arca bisa berubah – ubah, jumlah arca bisa sedikit atau banyak. Saat pembuatan karawista, arca sudah dihitung sesuai prelingganya tetapi setelah dipasang karawista akhirnya berkurang. Ini terlihat setelah sasih kawulu jumlah arca banyak sedangkan pada sasih ketiga jumlah arca berkurang. Saat terjadi gempa, areal utama mandala tidak merasakan getaran, mulai saat itu disebut Pura Puser Saab oleh masyarakat. Setiap melakukan upacara yadnya yang dilaksanakan di Nusa Penida, sebelumnya akan nunas tirta di Pura Puser Saab untuk memohon kelancaran upacara yang akan berlangsung.

Pura Puser Saab

Pura Puser Saab

 

Baca Juga Tulisan Berikut :