Pura Segara Kidul Guyangan Nusa Penida

Pura Segara Kidul Guyangan merupakan salah satu objek wisata religius di Nusa Penida yang berada di sekitaran area sumber mata air Guyangan. Pura ini berlokasi di Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida. Sejarah sebelum dibangunnya tempat suci Pura Segara Kidul Guyangan akan kita bahas terlebih dulu.

Awalnya Mata Air Guyangan adalah sumber air bersih untuk warga sekitar, seiring waktu mata air guyangan dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Nusa Penida. Lokasinya yang tenang karena berada di tebing pinggir laut Nusa Penida memberikan suasana hening dengan suara air dari mata air guyangan. Suasana Mata Air Guyangan yang tenang membuat banyak orang yang bermeditasi atau sekedar berenang di kolam mata air guyangan sambil menikmati pemandangan laut nusa penida yang menakjubkan.

Sekarang di kolam mata air guyangan tidak diperbolehkan untuk berenang/berendam/mandi karena kolam mata air guyanga sudah dijadikan area suci. Jika ingin mandi atau melukat(bahasa orang bali) sudah disediakan tempat di bawah lokasi kolam dengan pancuran air langsung dari mata air guyangan.
pura segara kidul guyangan

Lokasi mata air guyangan yang strategis untuk dibangun tempat pemujaan atau tempat suci maka dibangunlah Pura Segara Kidul Guyangan untuk memuja dewa/dewi yang berada di kawasan mata air guyangan. Patung Ratu Kidul yang menjadi lokasi pemujaan dengan hiasan-hiasan berwarna hijau. Tempat pura yang berada di bangian selatan pulau nusa penida dan langsung menghadap pantai Nusa Penida. Pura Segara Kidul Guyangan juga menjadi tujuan Tirta Yatra di Pulau Nusa Penida.

Untuk menuju Pura Segara Kidul Guyangan kita harus menuruni anak tangga yang bertempat di lokasi yang cukup ekstrim tapi pemandangan laut nusa penida yang indah akan membuat anda lupa dengan rasa takut. Lelah selama perjalanan akan hilang saat anda menikmati ketenangan dan keindahan alam yang disajikan di area Pura Segara Kidul Guyangan.