Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida

Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida berada di bukit Mandeg yaitu bukit tertinggi di selatan pulau Nusa Penida. Di dalam utama mandala Pura Tunjuk Pusuh terdapat batu menhir yang dikenal dengan batu jijih memiliki tinggi 84 cm terbuat dari batu terumbu gamping.
Udara di sekitar pura yang sejuk dan pemandangan perbukitan dan pantai Atuh dari kejauhan akan menyambut kita saat berada di Pura Tunjuk Pusuh. Selain untuk melakukan tirta yatra ke pura ini, kita juga bisa melihat pemandangan yang menawan. Di arah timur pura kita bisa melihat pemukiman penduduk Desa Watas dan pulau – pulau kecil di sisi Nusa Penida. Jika kita melihat ke bawah dari pura terdapat pemandangan hamparan lahan pertanian. Pemandangan yang bisa kita lihat karena letak Pura Tunjuk Pusuh yang unik. Selain itu areal pura juga dikelilingi hutan, karena letaknya dipuncak bukit yang tinggi.

Dulunya jumlah pengempon di pura ini terdiri dari 3 desa adat yaitu desa Pelilit, Wates, dan Tanglad. Tetapi karena kondisi ekonomi, 2 desa mengundurkan diri dan sampai saat ini hanya diempon masyarakat desa Tanglad saja dengan jumlah sekitar 300 kk. Piodalan Pura Tunjuk Pusuh yaitu pada Buda Kliwon Gumbreg setiap 210 hari. Ida Bhatara Bhatari yang berstana di Pura Sad Kahyangan, Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida.

Lokasi Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida

Pura Tunjuk Pusuh terletak di Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Untuk menuju Pura Tunjuk Pusuh lumayan jauh dari pusat kota, sekitar 25 km dari Pelabuhan Nusa Penida. Rute perjalanan menuju Pura Tunjuk Pusuh bisa melewati jalan menuju Desa Suana.

Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida

Pura Tunjuk Pusuh

 

Baca Juga Tulisan Berikut :