Wisata Air Terjun Ekstrem “Seganing Waterfall”

Lokasi Seganing Waterfall

Air Terjun Seganing merupakan salah satu objek wisata yang cukup unik di Nusa Penida, lokasi yang berada di pesisir laut dan dibawah tebing yang terjal.  Seganing Waterfall berlokasi di Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali. Dikarenakan lokasinya berada di Dusun Sebuluh air terjun ini juga biasa dikenal dengan Air Terjun Sebuluh. Air Terjun Seganing ini terbilang masih sangat bersih dan jernih, sehingga kita bisa mandi dengan puas sambil memandangi laut lepas nan indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Seganing ini adalah saat musim panas atau kemarau, hal ini karena kondisi jalan yang akan kita lewati cukup terjal.

rasakan juga sensasinya dengan menonton video diatas sebagai refrensi kalian sebelum mengeksplore seganing waterfall,,

Air Terjun Seganing merupakan air terjun yang letaknya tersembunyi, berada dibawah tebing terjal dan berbatasan langsung dengan laut lepas. Berangkat dari Pelabuhan Tradisional Sampalan, kita memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam 45 menit perjalanan dengan mengendarai sepeda motor. Sebelum kita tiba di lokasi, perjalanan yang kita lalui cukup menguras tenaga , mulai dari jalan yang kita lewati berkapur, dikarenakan aspal yang sudah lama dan rusak. Sedikit tips dari kami jika kita mengunjungi objek wisata Seganing Waterfall ini kalau bisa kita lebih baik menyewa mobil, karena medan jalan yang rusak.Namun, jika teman-teman menyewa sepeda motor, sebaiknya kita menyewa motor yang masih bagus dimana tahun belinya cukup baru. 

Perjalanan menuju Objek Wisata Seganing Waterfall

Waktu terbaik untuk mengunjungi Seganing Waterfall ialah di pagi hari, karena terik matahari belum terlalu panas. Tiba di parkir Air Terjun Sebuluh ini kita dapat menemui 1 warung serta toilet, namun saat kita berkunjung warung ini masih tutup. Sepanjang kita munuju ke Seganing Waterfall kita dapat menjumpai beberapa pohon juwet “Buah Jamblang”. Seperti yang kita ketahui buah ini mulai langka ditemu di Bali, namun disini kita dapat menemui puluhan buah ini. 

Nah, bagi kalian para travellers yang menyukai tantangan, pilihan untuk mengunjungi objek wisata Seganing Waterfall ini adalah pilihan yang tepat karena untuk bisa mencapai di air terjun ini kita perlu perjuangan untuk menuruni tebing yang cukup terjal ini. Untuk bisa menuruni tebing ini, kita memerlukan waktu sekitar 25 menit. Saat ini keamanan di lokasi ini sudah sedikit di perbaiki, dimana disisi tangga sudah dipangari dengan kayu,yang mana ketika kita turun ataupun naik nanti kita bisa berpegangan disini.

Sepanjang perjalanan menuruni anak tangga dan tebing ini, kita harus lebih berhati-hati karena memang medannya yang sangat ekstrem . Jika kita kurang berhati-hati dan terjadi sesuai yang tidak diinginkan akan sangat berbahaya, kita bisa meluncur langsung ke laut bebas. Selain pagar yang dibangun, akar kayu atau ranting pohon yang tumbuh dan masuk ke batu karang dapat kita gunakan sebagai pegangan menurun tebing ini.

Tiket masuk objek wisata Seganing Waterfall

Nah bagi teman-teman yang baru pertama kali mau liburan ke objek wisata menantang ini tidak perlu khwatir mengenai harga tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung, karena saat ini untuk menikmati keindahan objek wisata Seganing Waterfall ini tidak dikenakan biaya alias masih gratis. Mungkin kedepannya jika akses menuju kawasan ini sudah diperbaiki dan wisatawan yang datang mulai banyak pemerintah daerah akan mengenai tiket ke pengunjung. Walaupun saat ini masih gratis, tentu saja kita sebagai pengunjung harus tetap menjaga kebersihan objek wisata ini, misalnya dengan tidak sembarangan membuah sampah disekitar aliran Mata Air Seganing ini.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Seganing Waterfall

Lelah dan capek, serta berbahaya perjalanan yang kita lalui akan terbanyarkan dengan indah dan asrinya pemandangan yang dapat kita ketemui di Seganing Waterfall ini. Tibanya di Seganing ini kita dapat menemui 4 pelinggih. Mata air Seganing saat ini sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kehidupan sehari-hari, yang saat ini sudah dipasangkan mesin penarik air, sehingga airnya dapat dialirkan ke masing-masing rumah warga.

Tidak banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di Air Terjun Seganing ini, dikarenakan lokasinya yang sedikit terjal. Dulu sebelum air yang ada disini diambil oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dapat mandi disalah satu kolam yang ada disini. Selain itu, ada kolam yang letaknya paling atas, airnya digunakan oleh warga untuk kegiatan upacara. Yang cukup unik dari Air Terjun Seganing ini, walaupun lokaisnya berdekatan dengan pantai , kita tidak dapat menemukan pasir disini, hanya saja kita dapat menemukan batu karang.

Jadi pastikan teman-teman yang berkunjung ke Air Terjun Seganing ini alam kondisi sehat dan stamina yang kuat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *