Lumangan Beach Keindahan Pantai Tersembunyi di Desa Bunga Mekar Nusa Penida

Hai travelers kembali lagi di nusapenida.id, taukah kalian selain Kelingking Beach ada pantai tersembunyi yang memiliki keindahan alam tidak kalah indah dengan Kelngking Beach guys. Pantai Tersembunyi ini namanya Lumangan Beach atau Pantai Lumangan Nusa Penida. Seperti apa situasi , keindahan dan cara mencapai pantai Lumangan Beach? selengkapnya kita akan ceritakan dibawah sesuai pengalaman team kita saat mengunjungi Lumangan beach beberapa waktu ini guys,

Seperti apa keindahan sesungguhnya Lumangan Beach Desa Bunga Mekar Nusa Penida? Teman-teman bisa cek langsung videonya di youtube kita diatas ini,,

Lokasi Tepatnya Lumangan Beach Nusa Penida

Bercerita mengenai lokasi Lumangan Beach kita menggunakan rute yang disediakan di Google Maps. Lokasi Pantai Lumangan pada Google Maps terletak di Desa Sakti (salah), namun setelah kami ke lokasi dengan rute yang sudah diarahkan maps ke Lumangan Beach ternyata lokasi Lumangan Beach masuk ke area Desa Bunga Mekar guys. Jadi kita bisa pastikan kialau rute Google Maps sudah benar namun hanya alamat nya yang salah guys yang seharusnya di tulis di Desa Bunga Mekar.

Sebenarnya Lumangan Beach berlokasi di Dusun Penangkidan, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kelungkung.

Pantai Lumangan berrada di antara 2 objek wisata yang populer di Nusa penida yaitu Kelingking beach dan Broken Beach guys.

Jika kita berangkat dari Pelabuhan Sampalan kita akan memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam sampai 1 jam 30 menit untuk mencapai Lumangan Beach guys karena jalan menuju pantai cukup memerlukan jiwa adventure guys, 😄

Cara menuju ke Lumangan Beach

Kita berangkat dari hotel menuju ke Lumangan Beach waktu ini dan belum sempat mengukur waktu pastinya untuk mencapai parkiran pantai lumangan guys.

Jadi kita sempat mengukur waktu tempuh dari awal perjalanan saat kita menemui jalan gladak batu kapur yang masih belum tertata dan cukup menjadi tantangan menuju ke Lumangan Beach kita capai sekitar 30 menitan guys. Kita menggunakan kendaraan sepeda motor karena lebih mudah untuk mencapai Lumangan Beach kalau dibandingkan dengan mobil guys. Bagi teman-teman yang senang adventure sangat cocok kalau menghadapi medan jalan gladak kapur seperti ini.

Saat sampai di parkiran Lumangan Beach area parkirannya cukup luas dan saat kita sampai di parkiran , sangat kosong dan sepi guys ada 1 motor lain yang juga parkir di Lumangan Beach guys, kalau termasuk team kita lagi dengan 2 motor sekitar 3 motor saja yang parkir di Lumangan Beach ini guys.

Tiket masuk dan Biaya ke Lumangan Beach

Sesuai pengalaman kami mengunjungi pantai Lumangan, kami belum ada bayar apapun ya baik tiket ataupun biaya parkir guys. Kurang tahu juga apa karena Lumangan Beach belum di kelola di jadikan objek wisata atau karena masih sepi turis, mungkin nanti akan ada biaya tiket masuk kalau Lumangan Beach sudah dijadikan salah satu Objek wisata pilihan di Nusa Penida guys.

Seperti Apa Medan dari Parkiran ke Lumangan Beach Nusa Penida

Kita berkunjung ke Pantai Lumangan Beach di Minggu Pertama, bulan Januari 2021 guys, dan saat kita mau menuruni jalan menuju ke Lumangan beach dari parkiran jalannya terhalang tanaman-tanaman yang sangat rimbun guys. Karena kalau di lihat sekilas seperti tidak terlihat jalan menuju ke bawah ke area pantai, namun karena kita sempat melihat-lihat dengan seksama dulu dan menemukan jalur turun menuju pantai, kita mencoba menelusuri jalanan rimbun.

Bagi teman-teman yang senang adventure dan tantangan tentu sangat menyukai medan ini, jalan turunannya sangat terjal menurut team kita karena dengan jarak pandang jalan yang tidak terlalu jauh dan sambil mencari-cari jalan yang di halang tumbuhan dan pohon yang rimbun. Untuk sampai di area pantai Lumangan sekitar 5 sampai 10 menit jalan kaki dari parkiran guys. Perjalanan kita mengunjungi Lumangan Beach tidak sia – sia guys, pemandangan alami yang indah dan suasana pantai yang sangat sejuk akan membuat kita tenang dan merasa puas karena perjuangan mencapai pantai sangat sebanding dengan keindahan Pantai Lumangan.

Pesona Keindahan Tersembunyi Lumangan Beach Desa Bunga Mekar

Pantai Lumangan memiliki pasir yang berwarna putih cream dan dikelilingi tebing di kanan kirinya sepanjang pantai. Terdapat sebuah Goa yang cukup besar yang juga dapat kita gunakan untuk tempat bertetuh jika cuaca sangat panas. Terdapat batu karang di bibir pantai yang juga menambah keindahan alam pantai Lumangan. Tebing-tebing yang ditumbuhi tanaman dan pohon hijau membuat pantai ini sangat sejuk dari pantai-pantai lainnya di Nusa Penida.

Selain itu Pantai Lumangan sekilas terlihat memiliki bentuk yang mirip dengan Angel’s Billabong dan lebih terlihat seperti lagoon ya. Pantai Lumangan memiliki jalur ke laut yang berlekuk sampai akhirnya terlihat laut Nusa Penida. Kami sangat ingin menelusuri dan berenang di pantai namun untuk mencapai ujung Lumangan Beach akan sangat berbahaya karena kita tidak tahu arus air laut dan gelombang yang bisa saja sangat kuat. Jadi kami memilih untuk menikmati keindahan alam dengan bersantai di pesisir pantai Lumangan yang memiliki panjang garis pantai sekitar 30 – 40 meteran. Dan mengambil beberapa foto serta video yang nantinya akan kami tunjukkan ke teman-teman.

Galery Lumangan Beach Nusa Penida (dokumentasi by Nusapenida.id ‘2021)

Sekian dulu cerita Trip dikita kali ini di kawasan West Trip Nusa Penida, kalau kaian berkunjung ke Broken Beach atau Kelingking Beach coba tambahkan Lumangan Beach ke Itinerary kalian ya,,

Selain itu ada juga Objek Wisata Terdekat : Bulian Beach, Pantai Korawa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *