Pandan Beach Pantai Tersembunyi di Nusa Penida

Keindahan pulau Nusa Penida sudah tidak dapat diragukan lagi. Berbagai tempat wisata yang menarik dapat kita kunjungi selama berlibur di pulau ini. Kali ini kita akan mengunjunggi pantai yang keberadaannya masih sangat tersembunyi di Nusa Penida yaitu Pandan Beach. Pandan Beach merupakan sebuah pantai kecil yang memiliki pasir putih serta air laut yang jernih. Letak dari pantai Panda tepat berada di sebelah pantai yang menjadi spot snorkeling di Nusa Penida yaitu Pantai Crystal Bay. Pantai Pandan memiliki pemandangan yang masih sangat alami dengan suasana masih sangat tenang. Nama Pantai Pandan sendiri diperkirakan berasal dari adanya pohon pandan yang tumbuh subur di pesisir pantai.

Akses Menuju Pantai Pandan

Pantai Pandan letaknya di Pulau Nusa Penida, sehingga untuk menuju ke Pulau ini kita perlu menyeberang dari pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Toyapakeh atau pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dengan menggunakan layanan kapal cepat. Jika kita memilih menggunakan kapal cepat dengan tujuan Sanur-Pelabuhan Toyapakeh, jarak yang kita tempuh untuk dapat mencapai pantai Pandan kurang lebih selama 20 menit , sedangakan jika kita berangkat dari pelabuhan tradisional Sampalan kita akan menempuh perjalanan selama kurang lebih selama 40 menit. Pantai Pandan ini berlokasi di Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Perjalanan menuju pantai pandan kita lakukan dengan menaiki sebuah bukit letaknya tepat berada di sebelah selatan pantai Crystal Bay. Akses untuk menuju ke pantai pandan ini terbilang baik, dimana tangga yang dibuat sudah sedikit permanen walupun bagian paling telah terkikis oleh ombak. Menyusuri bukit ini diperlukan waktu kurang lebih selama 20 menit sebelum tiba di pantai Pandan. Sepanjang jalan yang dilalui banyak ditumbuhi oleh pepohan liar terlihat rimbun. Dari atas bukit ini kita juga dapat melihat indahnya pemandangan laut Nusa Penida. Setalah perjalanan yang cukup melelahkan dimana kita harus menaiki dan menuruni bukit samapailah kita di pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 100 meter dengan indahnya pasir putih nan kecoklatan.

Jadi buat teman-teman yang akan mengunjungi objek wisata Pantai Pandan disarankan dalam keadaan yang fit serta menyiapakan tenaga ektra karena lokasi pantai yang masih tersembunyi.

Aktivitas Pengunjung di Pantai Pandan

Saat kami tiba di Pantai Pandan suasana yang masih alami dengan pemandangan yang indah sangat terasa disini. Dari Pantai Pandan ini kita juga bisa melihat sebuah pulau kecil yaitu Pulau Nusa Lembongan. Saat kita mengunjunggi Pantai Pandan, pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk alias masih gratis, sehingga kita bisa dengan leluasa menikmati pemandangan yang memanjakan mata saat berkunjung kesini.

Berbagai aktivitas menarik dapat kita lakukan saat mengunjungi pantai pandan, mulai dari berenang di bibir pantai, berjemur, atau hanya duduk di pinggir pantai dengan menaiki ayunan, beberapa warga lokal yang datang kesini juga menghabiskan waktu mereka dengan memancing ikan. Suasana pantai yang masih sangat sepi ini membuat setiap pengunjung yang datang dapat dengan bebas melakukan aktivitas disini, namun harus tetap menjaga lingkungan.

Fasilitas di Pantai Pandan

Dari segi fasilitas yang biasanya ada disetiap objek wisata, Pantai Pandan sendiri belum memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung yang datang kesini, seperti toilet maupun kamar ganti disini tidak ada. Hanya sebuah warung kecil yang ada di Pantai Pandan ini. Hal ini tentunya harus mendapatkan perhatian dari pengelola objek wisata di kawasan Nusa Penida, dimana jika fasilitas yang sudah memadai bisa terpenuhi di kawasan wisata Pantai Pandan tentunya akan memberikan kenyaman bagi pengunjung sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang dan nantinya akan memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat di sekitar kawasan Pantai Pandan ini.

Jadi buat teman-teman yang ingin mengunjungi objek wisata Pantai Pandan disarankan dalam keadaan yang fit serta menyiapakan tenaga ektra karena lokasi pantai yang masih tersembunyi.