Pantai tersembunyi di Nusa Penida “Bulian Beach”

Salah satu pantai di Nusa Penida yang keberadaannya masih sangat tersembunyi adalah Pantai Bulian. Pantai Bulian ini memiliki pemandangan yang masih asri dan sangat tenang. Pulau Nusa Penida memang memiliki banyak keindahan yang tak akan pernah membuat kita bosan untuk mengunjungginya. Banyak objek wisata di Nusa Penida yang belum banyak dikunjungi wisatawan dan letaknya masih tersembunyi, dimana salah satunya adalah Pantai Bulian. 

Video ini merupakan situasi saat kami mengunjungi Pantai Bulian

Pantai Bulian ini berada di Dusun Penangkidan, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali.  Keberadaan pantai bulian ini dekat dengan lokasi Pantai Lumangan. Pantai Bulian ini merupakan sebuah gugusan tebing dengan pesisir pantai yang terbentuk secara alami karena hempasan gelombang laut, sehingga membuat lubang pada batu karang hingga terbentuk sebuah pantai. Berangkat dari Pelabuhan Toyapakeh, kita memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 50 menit dengan mengendarai sepeda motor. Untuk tiba di pesisir Pantai Bulian ini, kita harus melewati jalan yang memacu adrenalin kita, dimana jalan yang kita lewati masih rusak dan dengan batu kapur. Jadi bagi teman-teman yang datang kesini membawa sepeda motor harus ekstra hati-hati karena medannya yang sedikit berat.  Tetapi untuk bisa mencapai pesisir Pantai Bulian ini sudah cukup baik, karena kita hanya menuruni tangga yang sudah di beton.

Pantai Bulian ini memiliki keunikan lainnya yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya, dimana walaupun di panggil dengan nama pantai, disini kita tidak bisa menemukan pasir di pesisir pantinya, yang ada kita hanya menemukan bebatuan kecil dan halus.  Sedikit informasi yang kita dapatkan adalah, Pantai Bulian ini terbentuk karena adanya hempasan gelombang laut yang sangat kuat.

Pantai ini memiliki garis pantai yang pendek, dimana disamping kiri dan kanannya memiliki bukit dengan hijaunya pemandangan nan indah. Air laut di Pantai Bulian ini juga sangat jernih, sehingga kita dengan mudah bisa melihat pemandangan di dasar lautnya. Jadi bagi teman-teman yang berkunjung kesini jangan lupa untuk mengabadikan moment anda saat disini. Aktivitas yang dapat kita lakukan disini , pada umumnya sama dengan yang dapat kita lakukan di pantai lainnya, mulai dari berjemur, snorkeling dengan membawa peralatan sendiri, berenang, atau hanya duduk di pinggir tebing sambil memandang pemandangan yang ada. Warga sekitar pantai ini juga memanfaatkan lokasi Pantai Bulian untuk memancing ikan, karena disini banyak ikan yang dapat kita cari teman-teman. 

Saat ini untuk bisa menikmati pemandangan yang ada di Pantai Bulian kita tidak dikenakan biaya tiket masuk alias masih free. Karena keberadaannya masih sepi pengunjung, fasilitas pendukung objek wisata ini belum ada, dari warung , toilet juga belum tersedia. 

Foto by: NusaPenida.id


Sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Nusa Penida yang direncanakan dibuka untuk menarik wisatawan yang datang, warga di sekitar Pantai Bulian ini sudah mulai merencanakan pembangunan agar nantinya Pantai Bulian ini bisa diakses dengan mudah dan dapat menarik kunjungan wisata yang datang ke Nusa Penida. Rencananya di sekitar pesisir Pantai Bulian ini akan dibuatkan kolam, agar air laut bisa keluar masuk disana.

Nah bagi teman-teman yang ingi mengetahui lebih banyak mengenai destinasi wisata di Nusa Penida, bisa mengunjungi youtube channel untuk mendapatkan video menarik lainnya tentang Nusa Penida.